Pengelolaan Sampah Terpadu Pulau Kodingareng Lompo Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat

  • Muhammad Syahid Universitas Hasanuddin

Abstract

Pulau kodingareng lompo dengan jumlah penduduk 4170 jiwa belum memiliki sistem pengelolaan sampah yang baik, sehingga sampah masih banyak yang dibuang kelaut. Sampah masih dibiarkan tertimbun dibelakang rumah warga di pinggir pantai, baik sampah organic maupun anorganik. Kesadaran warga akan pentingnya kebersihan dan kesehatan masih rendah, masih ada sebagian warga yang tidak memiliki WC dan membuang air besar dilaut. Padahal Pulau ini memiliki pasir putih yang cantik sehingga berpotensi untuk menjadi destinasi wisata. Tujuan dari Program KKN PPM Dikti yang dilaksanakan pada tanggal 4 juli -4 Agustus 2018 di Pulau Kodingareng Lompo adalah untuk meningkatkan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah dilaut, memiliki kesadaran pola hidup sehat dan bersih dan mampu mengelola sampahnya baik sampah organic dan non organic. Program ini terdiri dari tiga garis besar kegiatan yaitu pemilahan dan pengolahan sampah, pembangunan incinerator ramah lingkungan dan penyuluhan hidup bersih dan sehat. Pengolahan sampah secara terpadu meliputi  pemilahan dari rumah tangga antara sampah organik dan non organik, pembuatan kompos untuk sampah organic, daur ulang sampah non organik yang masih bisa dimanfaatkan dan pembakaran sampah dengan menggunakan incinerator ramah lingkungan. Solusi Incenerator ramah lingkungan dibutuhkan karena sulitnya membawa sampah yang ada dipulau ke tempat pembuangan akhir sampah kota Makassar. Penyuluhan Hidup sehat dan Bersih diberikan langsung ke setiap rumah tangga dan anak-anak sekolah.. Setelah program berakhir terlihat ada perubahan pola pikir dan perilaku dari warga.


Kata Kunci: Manajemen Sampah, Incinerator ramah lingkungan, Pulau Kodingareng

References

Ghufron, M Ali et al. “PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS DENGAN MEDIA KERANJANG TAKAKURA” (2017) 1:1 J-ABDIPAMAS J Pengabdi Kpd Masy 98.
Raksanagara, Ardini S & Ahyani Raksanagara. “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan yang Penting pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Bandung” (2015) 1 5.
Sahwan, Firman L. “STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI KAWASAN KEPULAUAN SERIBU” 5.
“Diktat Kuliah TL-3104 Pengelolaan Sampah”.
“Berwisata ke Pulau Kodingareng Lompo - Gaya Tempo.co”, online: .
“CCDP-IFAD | Profil Desa”, online: .
Rezagama and Samudro - 2015 - STUDI OPTIMASI TAKAKURA DENGAN PENAMBAHAN SEKAM DA.pdf.
Ghufron et al. - 2017 - PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS.pdf.
Published
2019-01-03
How to Cite
SYAHID, Muhammad. Pengelolaan Sampah Terpadu Pulau Kodingareng Lompo Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 343-350, jan. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/8769>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i3.8769.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.