PKM Peningkatan Potensi Batik Melalui Perlindungan HKI Dan Penguatan Manajemen Pemasaran Berbasis TIK Di Desa Silowogo Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo

  • irwan yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ali uraidy

Abstract

Tujuan dan target yang ingin dicapai dalam PKM ini adalah mendorong serta mendukung usaha batik di daerah Situbondo yang memiliki keinginan yang tinggi untuk mengembangkan usaha batik baik di kawasan lokal maupun internasional yang aman, nyaman dan berkelanjutan yang berpedoman pada kepastian hukum dengan memberikan pengetahuan serta pendampingan guna meningkatkan keterampilan dalam proses pendaftaran hak cipta motif batik serta pendampingan pemasaran batik khas Situbondo. Metode yang digunakan berupa pendampingan pendaftran hak atas hak cipta motif batik khas Situbondo pada Kementerian Hukum dan HAM RI dan peningkatan manajemen pemasaran berbasis teknologi infomasi. Hasil yang dicapai antara lain yaitu keluarnya bukti pendaftaran hak cipta motif batik dan nomor pencatatan pada Kementrian Hukum dan HAM RI.


Kata Kunci : Hak cipta, batik, pemasaran, TIK.


 

References

Muliani, A. R. (2007). Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual Bagi Usaha Kecil di Bidang Industri Kerajinan di Wilayah Kabupaten Bantul (Studi Kasus pada Kerajinan Bidang Pandan dan Enceng Gondok) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Puryantoro, P. (2018). PKM Desain Labelling Kemasan Kerupuk Ikan Pada Industri Kecil Menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Warta Pengabdian, 12(1), 233-238.

Ratnaningsih, R., Yuraida, N., & Azizah, S. U. (2017). IMPEMENTASI PEMBERDAYAAN MITRA PEREMPUAN DALAM PRODUKSI “SALE PISANG” SERTA PERLINDUNGAN MEREK DAGANGNYA. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 3(1).

https://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Situbondo

https://kecamatanbungatan.weebly.com/batik-selowogo.html
Published
2018-11-29
How to Cite
YULIANTO, irwan; URAIDY, Ali. PKM Peningkatan Potensi Batik Melalui Perlindungan HKI Dan Penguatan Manajemen Pemasaran Berbasis TIK Di Desa Silowogo Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 291-297, nov. 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/7870>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i2.7870.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.