Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Warung Wedang Kopi Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang

  • Lhery Swara Oktaf Adhania Universitas Lumajang

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman lokal masyarakat Indonesia yang diminati dari segala kalangan yang mempunyai ciri khas rasa dari tiap-tiap jenis kopi. Kopi merupakan produk perkebunan yang berlimpah di wilayah Indonesia. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, bahwa untuk tahun 2017, produktifitas kopi di wilayah Kabupaten Lumajang untuk jenis kopi robusta (robusta coffee) sebanyak 490 kg/ha, sedangkan kopi arabika (arabica coffee) sebanyak 570 kg/ha (Dinas Pertanian, 2017). Potensi komoditi kopi yang besar dan kebiasaan masyarakat Kabupaten Lumajang memunculkan banyak usaha warung kopi. Dari yang sekelas warung pinggir jalan sampai dengan sekelas kafe. Kegiatan usaha tersebut  merupakan bentuk kegiatan usaha mikro masyarakat. Terdapat beberapa permasalahan UKM, baik permasalahan SDM, produksi maupun pemasaran. Termasuk permasalahan dalam pemberian label pada kemasana produk sebagai identitas usaha.


Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi tahapan: observasi, wawancara, pendampingan dalam mendesign kemasan dan varian rasa, serta monitoring dan evaluasi. Lokasi pengabdian berada di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, yaitu warung wedang kopi milik Sdr. Bagus Heri P. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 (dua) bulan dari sejak observasi awal sampai dengan penulisan laporan pengabdian masyarakat. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bahwa telah terdapat label kemasan wedang (minuman) kopi sebagai bentuk identitas warung wedang kopi Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang milik. Selain itu juga terdapat penambahan varian rasa minuman. Hal ini meningkatkan pendapatan harian atau omzet penjualan dari Rp. 100.000,-/hari menjadi Rp. 150.000,-.

References

Angipora, Marinus. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Basu Swastha. 1984. Azas-Azas Marketing.Yogyakarta: Liberty.

BPS. 2016. UMKM. (online). (http://www.bps.go.id/index.php?news=730). diakses 18 Februari 2018.

Dinas Pertanian. 2017. (online)
(https://lumajangkab.go.id/profil/pengumuman/PERKEBUNAN%202017.pdf.).d akses 18 Februari 2018.

Hapsari, Ira Maya. 2014. Identifikasi Berbagai Permasalahan Yang Dihadapi Oleh Ukm dan Peninjauan Kembali Regulasi UKM Sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. Jurnal PERMANA – Vol . V No. 2 Februari 2014.
https://majalah.ottencoffee.co.id/vietnamese-drip-coffee/ diakses 18 Februari 2018.

Irrubai, Mohammad Liwa. 2016, Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga, SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3 (1), 2016, 17-26, http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta : Prenhallindo.

Pemerintah Republik Indonesia. 1999. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Jakarta.
Published
2018-05-14
How to Cite
ADHANIA, Lhery Swara Oktaf. Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Warung Wedang Kopi Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 253-262, may 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/7465>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i1.7465.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.