PKM Desain Labelling Kemasan Kerupuk Ikan Pada Industri Kecil Menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

  • Puryantoro Puryantoro Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan dan target yang ingin dicapai dalam PKM ini adalah melakukan pendampingan dan pendidikan pada ndustry rumah tangga kerupuk ikan di Desa Kilensari Dusun Pesisir dapat berkembang dan berekspansi ke usaha yang berskala lebih luas melalui perbaikan kemasan labelling.


Luaran yang dihasilkan dari program PKM meliputi dua aspek, aspek produksi dan aspek manajemen. Dari aspek produksi mitra IKM kreupuk ibu Kholifa diharapkan dapat menghasilkan produk baru seperti dengan kemasan labelling. Dari aspek manajemen mitra diharapkan dapat membuat catatan pembukuan usaha yang rapi sesuai standart usaha dan pemasaran.


Pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan di Dusun Pesisir Desa Kilensari Kecamatan Panarukan. Program ini menghasilkan kerupuk ikan dengan kemasan dan label yang memiliki nilai ekonomis sehingga akan semakin meningkatkan nilai jual kerupuk ikan serta mitra dapat mengetahui cara mengatur manajemen usaha dari segi keuangan dan pemasaran.

References

Badan Pusat Statistik (BPS). (2013). Laporan Hasil Sensus Pertanian 2013. Situbondo: Badan Pusat Statistik Situbondo.

Setyawan, F., & Sari, P. N. (2016). Labelling Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Agroindustri Emping Jagung di Desa Tirtomulyo, Kretek, Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 1(2), 231-238.

Sulistyaningsih, M., & Puryantoro, M. (2017). Peningkatan Nilai Tambah Rumput Laut Menjadi Olahan Bakso Di Desa Gelung Kecamatan Panarukan. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 1(1).

Tjiptono, F. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2018-05-14
How to Cite
PURYANTORO, Puryantoro. PKM Desain Labelling Kemasan Kerupuk Ikan Pada Industri Kecil Menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 233-238, may 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/7337>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i1.7337.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.