Pemanfaatan Limbah Produksi Tape Singkong Sebagai Sumber Energi Alternatif Biogas dan Biobriket Untuk Industri Rumah Tangga

  • Muammar Kadhafi Universitas Jember

Abstract

Bondowoso memiliki  industri  pengolahan tape, salah satunya adalah home industri tape singkong “Seger Wareg” Maesan Bondowoso.  Selain memberi keuntungan secara ekonomi, kegiatan produksi juga menimbulkan masalah berupa limbah kulit singkong. Produksi 200-300 kg tape dapat menghasilkan sekitar 40-60 kg limbah kulit singkong. Kulit singkong dianggap limbah yang tidak berguna oleh sebagian industri tape singkong. Oleh karena itu, bahan ini masih belum banyak dimanfaatkan dan dibuang begitu saja dan umumnya hanya digunakan sebagai pakan ternak, sedangkan kulit singkong dinilai kurang baik sebagai pakan ternak karena mengandung sianida. Kulit singkong memiliki kandungan HCN yang sangat tinggi yaitu sebesar 18,0 – 309,4 ppm untuk per 100 gram kulit singkong (Nur Richana, 2013). HCN atau asam sianida merupakan zat yang bersifat racun baik dalam bentuk bebas maupun kimia, yaitu glikosida, sianogen phaseulonathin, linamarin dan metillinamarin/lotaustrain (Coursey, 1973). Penyelesaian masalah ini dilakukan dalam skema pengabdian kepada masyarakat melalui tahapan memberi sosialisasi tentang pengelolaan sampah, pengolahan limbah dan dampaknya pada lingkungan serta menginisiasi dan memberikan bantuan kepada masyarakat contoh rekator biogas skala rumah tangga yang nantinya dapat diperbanyak sesuai kebutuhan serta memberikan pengetahuan tentang pembuatan biobriket dari limbah kulit singkong. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain;  (a) pemaparan materi pengelolaan limbah kulit singkong, (b) pembagian reaktor biogas dan briket, (c) praktek pembuatan reaktor dan (d) uji nyala api terhadap biogas yang telah terbentuk.


Kata Kunci: Singkong, Tape, Biogas, Biobriket

Published
2018-11-29
How to Cite
KADHAFI, Muammar. Pemanfaatan Limbah Produksi Tape Singkong Sebagai Sumber Energi Alternatif Biogas dan Biobriket Untuk Industri Rumah Tangga. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 271-281, nov. 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/7320>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i2.7320.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.