Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”

  • Elita Endah Mawarni STIKES Banyuwangi

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dari Program Studi D3 Keperawatan STIKES Banyuwangi yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari 2017, bertempat di Sekolah Dasar di wilayah Banyuwangi ini telah memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi anak-anak Sekolah Dasar mendapat sambutan yang baik dan  antusiasme yang tinggi. Edukasi Gizi Pentingnya Sarapan Sehat untuk anak Sekolah Dasar di lingkungan Sekolah Dasar (SD) ini merupakan salah satu cara untuk membentuk perilaku anak-anak dalam masalah kesehatannya, pertama adalah meningkatkan pengetahuan anak-anak terhadap pentingnya sarapan sehat, sehingga diharapkan melalui edukasi gizi ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mendukung terbentuknya perilaku sarapan sehat dan makanan bermutu yaitu meliputi makanan yang bergizi tinggi, higienis, dan beraneka ragam agar tercipta siswa-siswa yang sehat, kuat dan mampu berkonsentrasi dan meningkatkan prestasi belajar. Yang kedua adalah melalui program ini, dapat mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menghidupkan kembali Program Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS).


Beberapa faktor pendukung kegiatan tersebut antara lain : para peserta memiliki kemauan yang besar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai pentingnya sarapan sehat bagi anak sekolah. Beberapa kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan edukasi gizi (1) Adanya keterbatasan dalam fasilitas pendukung untuk melakukan presentasi diantaranya tidak ada tayangan gambar/slide dari LCD proyektor karena kegiatan dilakukan di luar ruangan/ lapangan, (2) Karena dilakukan di lapangan, semakin siang semakin panas karena sinar matahari, (3) Waktu pemaparan materi terlalu singkat karena keterbatasan waktu dan kondisi.

References

Ali Khomsan. 2003. Pangan dan Gizi untuk kesehatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Arisman, 2007, Gizi dalam Daur Kehidupan, EGC, Jakarta
Marsetyo, Kartasapoetra, 1991, Ilmu Gizi (Korelasi Gizi, Kesehatan, dan Produktivitas Kerja), Rineka Cipta, Jakarta
Merryana A, 2012, Peranan Gizi dalam Daur Siklus Kehidupan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Merryana A, Bambang Wirjadmadi, 2012, Pengantar Gizi Masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Published
2018-03-15
How to Cite
MAWARNI, Elita Endah. Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 97-107, mar. 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/7238>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v11i4.7238.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.