Mentoring Smart Cultural Tourism Berbasis Potensi Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi di Desa Klungkung Kabupaten Jember

  • Resha Dwi Ayu Pangesti Mulyono Universitas Jember
  • Dien Vidia Rosa Universitas Jember
  • Hery Prasetyo Universitas Jember
  • Agus Mahardiyanto Universitas Jember

Abstract

Salah satu upaya pembangunan desa dilaksanakan melalui pengembangan desa wisata untuk menumbuhkan roda perekonomian berbasis potensi lokal. Di saat ini, telah hadir berbagai desa wisata di Indonesia yang memberi manfaat bagi sekitarnya, seperti Desa Wisata Ponggok di Klaten dan Desa Adat Panglipuran di Bali. Untuk itu pemanfaatan potensi desa sangat penting, termasuk di Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Desa ini mempunyai atraksi wisata, sosial-budaya, dan industri kreatif yang pengelolaannya belum berjalan optimal. Penelitian ini dilakukan untuk menggali berbagai potensi di Desa Klungkung dan dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan aspek perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Penelitian ini terdiri atas survei untuk menggali potensi Desa Klungkung dan pengembangan pada berbagai lini, seperti amenitas, aksesibilitas, informasi, dan website, termasuk melakukan berbagai diskusi dengan perangkat dan masyarakat di sekitar desa. Melalui penelitian ini, dihasilkan artikel ilmiah, video kegiatan, website Desa Klungkung, modul, dan poster yang digunakan untuk mempromosikan dan memberi informasi mengenai potensi yang dimiliki oleh desa. Melalui upaya-upaya tersebut, akan terjadi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan di Desa Klungkung dan mampu mewujudkan desa mandiri.

References

Femenia-Serra dan Neuhofer. 2019. Smart Tourism Experiences: Conceptualisation, Key Dimension and Research Agenda, Investigaciones Regionales – Journal of Regional Research. Vol. 42.
Gajdosik. 2018. Smart Tourism: Concepts and Insights from Central Europe, Journal of Tourism. Vol. 1.
Komariah, Saepudin, dan Yusup. 2018. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal, Jurnal Pariwisata Pesona. Vol. 3, No. 2.
Lopez de Avila. 2015. Smart Destinations: XXI Century Tourism, ENTER 2015 Conference on Information and Communication TechNologies in Tourism.
Santoso, Pradipta, Sumantono, dan Fatmawati. 2021. Pengembangan Desa Wisata Berkonsep Kapasitas Inovasi Daerah di Desa Tanjungjaya Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia.
Suranny. 2020. Pengembangan Potensi Desa Wisata dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Perdesaan di Kabupaten Wonogiri, Jurnal Litbang Sukowati. Vol. 1, No. 5.
Yasmien, Putri, Chandra, Zuhdi. Konsep Sustainability Tourism Dengan Tema Smart Cultural Tourism Pada Desa Penglipuran Bali.
Published
2024-03-17
How to Cite
MULYONO, Resha Dwi Ayu Pangesti et al. Mentoring Smart Cultural Tourism Berbasis Potensi Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi di Desa Klungkung Kabupaten Jember. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 70-88, mar. 2024. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/46992>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v18i1.46992.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.