Pelatihan Desain Kemasan Ramah Lingkungan Bagi UMKM Cluster Craft di Kota Semarang
Abstract
UMKM diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam penyelesaian permasalahan ekonomi di Indonesia untuk menjamin kesejahteraan rakyat. UMKM merupakan salah satu sektor di Indonesia yang memberikan kontribusi terbesar dan terpenting dalam percepatan pertumbuhan ekonomi nasional. Persaingan bisnis saat ini menuntut pelaku bisnis untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Banyak pebisnis dengan berbagai macam skala usaha telah melakukan restrukturisasi dan mempersiapkan diri menjadi lebih profesional dan berorientasi pada model bisnis yang kompetitif, termasuk usaha craft souvenir. Environmental marketing atau pemasaran berbasis kelestarian lingkungan adalah perkembangan baru dalam bidang marketing, serta merupakan peluang strategis dan potensial yang memiliki multiplier effect (keuntungan ganda) baik bagi pelaku bisnis maupun bagi masyarakat umum selaku pengguna. Berberapa hasil studi menyatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan hidup dan kesediaan masyarakat membayar lebih untuk mendapatkan produk berlabel ramah lingkungan merupakan keberhasilan dari edukasi mengenai lingkungan hidup yang telah digagas selama bertahun-tahun. Tujuan yang ingin dicapai dalam program pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu untuk meningkatkan kompetensi UMKM cluster craft kota Semarang dalam mendesain produk souvenir yang berbahan dasar limbah plastik yang inovatif, yang diharapkan dapat meningkatkan citra dan penjualan produk mereka. Secara lingkup yang lebih luas, dapat memajukan potensi berkembangannya UMKM cluster craft di kota Semarang. Target luaran dari pengabdian ini adalah publikasi di media massa, publikasi di jurnal pengabdian nasional, serta video highlight kegiatan
Kata Kunci : Desain Kemasan, Ramah Lingkungan, Pemasaran, UMKM
References
Klimchuk, M R & S A Krasovec, Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf, 2d ed (New Jersey: Wiley, 2012).
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, 10th ed (Jakarta: PT Indeks, 2005).
Kotler, Phillip & Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 10th ed (Jakarta: Erlangga, 2005).
Tesis :
SUSANTI, SUSANTI, PENGARUH DESAIN KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN, CITRA MEREK RAMAH LINGKUNGAN, DAN PERSEPSI KUALITAS RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP KETERIKATAN MEREK RAMAH LINGKUNGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN RAMAH LINGKUNGAN SURVEY PADA KONSUMEN CHOCOLATE MONGGO DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (other, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, 2020) [unpublished].
Jurnal:
Amaliah, T, “Pelatihan Desain Kemasan Ramah Lingkungan pada Produk Limbah Plastik di Kawasan Teluk Tomini” 2:1 Mopolayio J Pengabdi Ekon.
Apriyanti, Masayu Endang, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan” (2018) 10:1 Sosio E-Kons 20–27.
Barusman, Andala Rama Putra et al, “UPGRADING PACKAGING UMKM PRODUSEN GULA SEMUT DI DESA SENDANG BARU LAMPUNG TENGAH” (2023) 2:1 J Pengabdi UMKM 8–14.
Kusumowardani, Pratiwi, “Potensi Pembuatan Produk Kemasan Ramah Lingkungan Studi Kasus Kota Bandung” (2014) 1:1 WIDYAKALA J J Pembang JAYA Univ 17–24.
Maulida, Sri, “Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi.” 2:1 J Ilm Manaj Dan Bisnis.
Muljani, Ninuk et al, “Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil” (2020) 3:2 PeKA J Pengabdi Kpd Masy 53–64.
Putri, Kharin Anggraheni et al, “PENDAMPINGAN BRAND POSITIONING UMKM CIRENG BU SUKARNI DESA PASIR LOR KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS” (2023) 2:1 J Pengabdi UMKM 34–46.
Rahmana, Arief, Muchammad Fauzi & Annisa Maharani Suyono, “PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PRODUK MAKANAN DALAM MENJALANKAN BISNIS DI ERA NEW NORMAL DI KOTA BANDUNG” (2021) 4:1 Al-Khidm 49–57.
Suci, Yuli Rahmini, “PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA” (2017) 6:1 J Ilm Cano Ekon 51–58.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.