Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Merdeka Belajar melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SMP Achmad Jani Desa Puger Kulon, Jember
Abstract
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berfokus pada sistem pembelajaran, sistem administrasi, dan hubungan dengan masyarakat di SMP Achmad Jani.Kegiatan pengabdian dalam program Desa Binaan bertujuan untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan merdeka belajar melalui MBS. Kegiatan pelatihan dilaksanakan hari rabu pada tanggal 17 Mei 2023 yang diikuti oleh 25 Guru. Tahapan pelaksanaan menggunakan pendekatan edukatif yang dapat mendorong Guru untuk semangat dalam belajar meliputi: pembentukan tim, perumusan tujuan, identifikasi stakesholder, analisis kebutuhan, prioritas masalah, persiapan pengabdian, implementasi kegiatan, dan pelatihan. Implementasi kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi meliputi: langkah-langkah menganalisis karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar, langkah-langkah RIPS dan Penyusunan RAPBS, menyusun profil sekolah. Peserta dilatih menyusun Silabus, RPP, instrumen evaluasi yang mengarah pada pendekatan student center learning dan high order thinking; RIPS dan RAPBS sesuai dengan kondisi SMP Achmad Jani; dan website dan media sosial berupa facebook. Peserta pelatihan memberikan respon meliputi: 69% memberikan respon sangat positif dan 31% memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan MBS. MBS yang baik akan mendorong kelengkapan dokumen akreditasi sekolah untuk pencapaian hasil yang lebih baik.
References
Astini, Ni Komang Suni, “Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0” (2022) 13:1 LAMPUHYANG.
Azza, Awatiful, Diyan Indriyani & Ika Priantari, “Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Limbah Terasi di Pesisir Selatan Jember” (2021) 6:1 J-Dinamika J Pengabdi Masyarakat.
Cecep, Cecep et al, “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang” (2022) 5:1 JIIP - J Ilm Ilmu Pendidik.
Defrizal, Defrizal et al, “The Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program: An Analysis of the Success Factors” (2022) 2:1 Nusant J Pendidik Indones.
Hidayat, Nurdin, Mareyke Jessy Tanod & Fiki Prayogi, “Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter” (2022) 6:5 J Obs J Pendidik Anak Usia Dini.
Isa Rosita, Gunawan & Desi Apriani, “Penerapan Metode Moora Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Promosi Sekolah (Studi Kasus: SMK Airlangga Balikpapan)” (2020) 4:2 Metik J.
Miftakhul, Muhammad, Rohadi Putra & Astriana Jihan Kusumawati, “Pemanfaatan Facebook Page Sebagai Media Promosi Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Tanon Sragen Utilization of Facebook Page for Promotion Media of Muhammadiyah Schools” (2021) 5:2 J Pengabdi dan Pemberdaya Masy.
Mutmainah, Siti Utami et al, “Urgensi Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah” (2022) 4:3 Aulad J Early Child.
Riowati, Riowati & Nono H Yoenanto, “Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia” (2022) 5:1 J Educ Instr.
Supriatiningsih, Supriatiningsih et al, “Pelatihan Penyusunan RAPBS Dan Laporan Keuangan Pada Pendidikan Sekolah PAUD Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan” (2022) 2:2 Dikmas J Pendidik Masy dan Pengabdi.
Wijaya, Shendy Andrie, David K Susilo & Devi Septiani Ratna Sari, “Faktor Penyebab Kurangnya Minat Anak Keluarga Nelayan Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger” (2021) 13:2 J Pendidik Ekon Undiksha.
Zahruddin, Zainul Arifin & Achmad Suhandi, “Implementasi Penyususnan Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (Rapbs) (Studi Kasus Di Smk Karya Bangsa Nusantara Solear Tangerang)” (2018) XXV:1 J Adm Pendidik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.