Pengembangan UMKM Madona Kulit di Kelurahan Klampok Kota Blitar Melalui Digital Branding
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Madona Kulit di kelurahan Klampok Kota Blitar belum menerapkan ilmu teknologi dan manajemen usaha, sehingga dalam pengoprasiannya hanya bersifat seadanya. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha Madona Kulit dengan cara digital branding untuk memperkuat pemasaran produk dan memingkatkan penjualan. Metode dalam pelaksanaan pengabdian yang dilakukan berupa pendampingan terhadap UMKM Madona Kulit, dengan kegiatan digital branding meliputi pembuatan logo, foto produk, pendaftaran legalitas usaha, pembuatan sosial media, pembuatan marketplace, dan pembuatan website. Kegiatan-kegiatan tersebut sebagai langkah pengembangan Madona Kulit dalam meningkatkan usahanya. Hal ini tentunya dapat membantu usaha Madona Kulit dari segi pengenalan produk dan pemasarannya, jangkauannya menjadi semakin luas. Sebelumnya Madona Kulit belum ada yang mengenal dan pemasarannya pun bersifat seadanya, kini Madona Kulit dapat dikenal dan dipasarkan lebih luas. Dengan demikian pendampingan digital branding dirasa dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Madona Kulit.
References
Arcikasari, G. O., & Nurhidayati, M. (2022). INOVASI FOTO PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE DALAM MENINGKATKAN NILAIJUAL PRODUK UMKM BOLU “CIPTOROSO” DI LINGKUNGAN AMPEAN KELURAHAN TONATANPONOROGO. PRODIMAS: Prosiding Pengabdian Masyarakat.
Budiwitjaksono, G. S., Aprilya, R. A., Aringgani, S. D., Istyalita, D., Ummah, W., & Ramadhan, M. R. (2023). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) di Kelurahan Klampok Kota Blitar. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif.
Chomsatu, Y., Mursito, B., & Maulana, I. (2019). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN :“ STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PACKAGING PRODUKYANG MENARIK” PADA UMKM DESA GUMUKREJO TERAS BOYOLALI. Jurnal BUDIMAS.
Dangin, I. G., & Marhaeni, A. (2019). FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI YANG MEMPENGARUHIPENDAPATAN PENGERAJIN PADA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DIKABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Faridah, F., & Wulandari, Z. W. (2020). Pendampingan Pemasaran Industri Lokal MelaluiPenggunaan Marketplace untuk Meningkatkan HasilProduksi pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa SidomuktiLamongan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Laksmi Diana, I. A. (2022). PEMBUATAN NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB) UNTUK KESADARAN LEGALITAS USAHA BAGI UMKM KELURAHA DUKUH SUTOREJO. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 3.
Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., Nurfaizah, A., et al. (2022). Pengembangan UMKM melalui Optimalisasi Branding danPenggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang,Kabupaten Cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat.
Mar’ah, S., Putri, N. B., Sari, D. A., & Ilhami, S. D. (2022). PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN “PAWONANITA” DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEUNGGULANBERSAING. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS.
Marlen, D. R., Gunawan, R., Lianto, M. E., & Buntoro, Y. M. (2021). Pengembangan Website untuk Pemasaran Produk KerupukBasah Ashifa di Kabupaten Putusibau. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi.
Mas’ula, S., Laviola, M., & Novellita, T. (2021). Branding dan Digital Marketing untuk Pengembangan UmkmMinuman Sari Buah Stroberi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS) 2021.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi.
Ulya, H. N., & Agustin, R. P. (2022). PENGUATAN UMKM MELALUI PEMBUATAN MEREK DAGANG DAN LABELPADA UMKM JAJANAN CAMILAN DI DESA JORESAN MLARAK PONOROGO. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Wijaya, A. L., Fauziah, M. N., & Pangastuti, P. K. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk dan Pengelolaan Akun Marketplace pada UsahaMikro”Namida” Masker Magetan. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT.
Wijoyo, H., & Widiyanti. (2020). PROSIDING SINAGARA: INOVASI DALAM MEWUJUDKAN SDG’S PADA ERA POST PANDEMIKHal. 12Prodi Administrasi Publik UPN Vet DIGITALISASI UMKM PASCA PANDEMI COVID-19 DI RIAU. INOVASI DALAM MEWUJUDKAN SDG’S PADA ERA POST PANDEMIK.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.