Pemberdayaan UMKM Batik Labako di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember melalui Pemasaran Produk Berbasis e-commerce

  • Nur Laila Magvira Fakultas Pertanian Universitas Jember
  • Anisa Hakim Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Denis Dwi Pramesti Fakultas Pertanian Universitas Jember
  • Rahman Sanjay Ova Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Labako Desa Sumberpakem merupakan salah satu usaha batik khas Jember dengan motif tembakau. Para pelaku usaha tersebut sudah lanjut usia dan kurang mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu pemasaran produk kurang mencakup skala yang lebih luas. Oleh karena itu, pelaku usaha dapat mengikuti kegiatan pemberdayaan dengan fokus pada pemasaran produk berbasis e-commerce. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha dalam memanfaatkan digital marketing. Pengabdian yang dilakukan dalam Program Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa International Association of Student in Agriculture and Related Science (IAAS) Komite Lokal Universitas Jember dilakukan dengan metode pendekatan secara komprehensif melalui penyediaan fasilitas awal berupa kit batik untuk melaksanaan pewarnaan batik secara bersama-sama, pembuatan akun Shopee, memberikan pendampingan secara berkala, monitoring, dan evaluasi. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian tersebut, UMKM Batik Labako menjadi lebih dikenal oleh masyarakat pada umumnya melalui berita kegiatan yang diunggah di beberapa media sosial. Dengan begitu, diharapkan penjualan dari UMKM tersebut mengalami peningkatan. dan evaluasi. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian tersebut, UMKM Batik Labako menjadi lebih dikenal oleh masyarakat pada umumnya melalui berita kegiatan yang diunggah di beberapa media sosial. Dengan begitu, diharapkan penjualan dari UMKM tersebut mengalami peningkatan. dan evaluasi. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian tersebut, UMKM Batik Labako menjadi lebih dikenal oleh masyarakat pada umumnya melalui berita kegiatan yang diunggah di beberapa media sosial. Dengan begitu, diharapkan penjualan dari UMKM tersebut mengalami peningkatan.


 


 

References

Garaika, S. Ipnu, & Trisnawati. "Pelatihan Pengambangan Pemasaran Kerajinan Batik pada Pekon Bukurejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu" (2020) 1:1 Jurnal PKM Pemberdayaan Masyarakat.
Heditullah, H., R. N. Sedyati, & Sukidin. “Strategi Pemasaran Batik Labako UD. Bintang Timur di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember” (2017) 11:1 Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial.
Himawan, A. Saefullah, & S. Santoso. “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif” (2014) 1:1 Scientific Journal of Information.
Kartikasari, A. P. & V. Lusiana. “Sistem Pendukug Keputusan untuk Penilaian Kinerja Pegawai dengan Metode GAP (Profile Matching) Berbasis Web Studi Kasus: Batik Benang Batu” (2019) Proceeding SINTAK.
Maharani, A. & S. Sumowo. “Inovasi Kue Batik Jember Sebagai Upaya Pengembangan Industri Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Jember” (2020) 2:2 CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Mu'minin, Amirul & Puspidalia, Y. S. "Pengembangan Teknik Pemasaran Produk Batik Ciprat di Desa Karangpatihan Balong Ponorogo melalui Workshop Digital Marketing (2021) 1:0 Prodidimas Prodising Pengabdian Masyarakat.
Nurhasanah, Sindy & Gunawan, Heri. “Pengenalan Digital Marketing dann E-Commerce untuk Pemberdayaan Masyarakat Pelaku Usaha Mikro di Desa” (2021) 1:24 Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nuryakin & Hidayah, Nur. "Penguatan Media Pemasaran Online dalam Meningkatkan Penjualan Produk UKM Batik di Kec. Bayat Kab. Klaten" (2022) 3:2 Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat.
Permatasari, D., F. Yogapratama, I. I. Kurniafitra, & W. Islamiah. "Pelatihan Digital Marketing sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik di Kelurahan Gedog Kota Blitar" (2022) Transformasi dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Sunhaji. “Konsep Pendidikan Orang Dewasa” (2013) 1:1 Jurnal Kependidikan.
Suwarni, E., M. Astuti, Y. Fernando, F. E. Saputra, Fitri, & A. Candra. "Peneraan Sistem Pemasaran Berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo" (2022) 2:2 Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI).
Zakaria, N. & F. Annisa. “Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota Kediri” (2020) 4:1 Generation Journal.
Published
2023-03-15
How to Cite
MAGVIRA, Nur Laila et al. Pemberdayaan UMKM Batik Labako di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember melalui Pemasaran Produk Berbasis e-commerce. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 80-93, mar. 2023. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/38386>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v17i1.38386.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.