Penyuluhan Pentingnya Lauk Amis-amis untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Balita dalam Pencegahan Gizi Buruk dan Stunting di Desa Kalisat Kabupaten Jember Jawa Timur

  • Asrumi Asrumi Universitas Jember
  • Anastasia Erna Rochiyati Sudarmaningtyas Universitas Jember
  • Asri Sundari Universitas Jember
  • I Gede Krisnadi Universitas Jember

Abstract

Kabupaten Jember menjadi 8 besar peringkat kasus bayi gizi buruk dan stunting di Jawa Timur dan termasuk peringkat ke-11 se-Kabupaten se-Indonesia. Kecamatan Panti, Silo, Balung, dan Kalisat termasuk 5 besar kasus bayi stunting di Jember. Akar persoalannya diprediksi bukan hanya  karena ekonomi warga, akan tetapi pemahaman diksi “kata gizi” bagi masyarakat masih belum terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penyuluhan tentang pemahaman kata gizi yang diganti dengan kata “amis-amis atau mis-amis” untuk variasi lauk-pauk yang berprotein tinggi dan refleksinya penting dilakukan. Hal ini sesuai dengan hasil riset terdahulu (2021) ditemukan bahwa pemahaman kata gizi para ibu muda kasus gizi buruk dan stunting di Jember tergolong kurang dan sangat rendah refleksinya, sebagai salah satu permasalahan di Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat Jember. Solusinya adalah dilakukan penyuluhan dan praktik tentang pentingnya pemahaman diksi “lauk yang amis-amis” yang berprotein hewani tinggi untuk ibu hamil dan menyusui dalam meningkatkan pertumbuhan otak dan fisik (janin) supaya terhindar dari gizi buruk dan stunting. Metode pelaksanaan pengabdian adalah observasi, wawancara (dalam FGD), penyuluhan, dan praktik di Desa Kalisat Jember Hasilnya menunjukkan bahwa pengabdian kepada masyarakat tentang penyuluhan atau sosialisasi pemahaman kata gizi yang implementatif melalui penggantian diksi lauk amis-amis ini dilakukan lebih efektif dengan cara FGD, penyuluhan, dan praktik memasak serta makan bersama dengan menggunakan lauk amis-amis. Lauk amis-amis mengandung protein hewani yang tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak saat dalam kandungan (saat ibu hamil), setelah lahir (saat ibu menyusui), dan saat pembesaran (enam bulan hingga balita) untuk pencegahan gizi buruk dan stunting.

References

Asrumi, Asrumi, Agustina Dewi Setiyari & Hanny Rasni, “The Effect of Mother’s Mindset about Children Ownership on Stunting Prevention in Jember, Indonesia” (2022) 5:9 IJSSHR, online: .
Editor, Lpb, “Riskesdas 2018: Laporan Provinsi Jawa Timur” (2020) Lembaga Penerbit Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, online: .
Zulkarnain, Fathurrozi Wali et al, “Penyuluhan Gizi pada Anak untuk Pencegahan Stunting di Kampung Tenggher, Kabupaten Sampang” (2021) 1:3 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) 97–103.
Halodoc, Redaksi, “Nutrisi yang Terkandung dalam Daging Sapi dan Daging Kambing”, online: halodoc .
Media, Kompas Cyber, “5 Kandungan Gizi Daging Sapi yang Bermanfaat Bagi Tubuh Anda”, (19 July 2021), online: KOMPAS.com .
———, “11 Kandungan Gizi dalam Telur Ayam dan Manfaatnya Bagi Tubuh”, online: KOMPAS.com .
“10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh”, online: .
“Kandungan Gizi Daging Ayam Potong (Broiler) dan Manfaatnya”, (13 August 2022), online: .
Published
2023-09-15
How to Cite
ASRUMI, Asrumi et al. Penyuluhan Pentingnya Lauk Amis-amis untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Balita dalam Pencegahan Gizi Buruk dan Stunting di Desa Kalisat Kabupaten Jember Jawa Timur. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 110-127, sep. 2023. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/37097>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v17i2.37097.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.