Inisiasi Bioentrepreneurship Baru Kerajinan Kokon Dan Benang Sutera Eri Di SDN 4 Antirogo Jember: Sebuah Implementasi Praktis STEM Education
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menginisiasi bioentrepreneurship baru kerajinan kokon dan benang sutera Eri di SDN 4 antirogo Jember. Permasalahan yang dihadapi SDN Antirogo 4 berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan Kepala Sekolah adalah rendahnya minat belajar siswa dikelas serta kondisi ekonomi dan sosial masyarakat yang tergolong rendah. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah rendahnya minat belajar dan kemampuan ekonomi siswa adalah dengan mengadakan pelatihan tentang bioentrepreneurship pembuatan cocoon finger puppet (boneka jari), pembuatan handy craft (cindera mata), dan lukisan diri dari bahan cocoon sheet dan benang sutera Eri. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan pelatihan, demonstrasi, pendampingan, dan penerapan inisiasi bioentrepreneurship baru kerajinan kokon dan benang sutera sebagai aplikasi praktis dari aktivitas STEM education. Secara umum, kegiatan inisiasi bioentrepreneurship baru kerajinan kokon dan benang sutera Eri di SDN 4 antirogo Jember berjalan lancar dan terukur sesesui dengan metode dan perencanaan awal. Masalah yang dihadapi sekolah dapat diatasi dengan program pengabdian yang merupakan wujud hilirisasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini mendapatkan respon positif dan memberikan dampak yang sangat baik bagi semua peserta. Target akhir kegiatan ini yaitu sebagai pelayanan sosial dasar dan pengembangan ekonomi lokal juga telah berhasil diwujudkan secara terukur yang terlihat dari respon peserta.
References
Anggoro, M.R. Analisis Usaha Pisang Coklat Varian Rasa (Greentea dan Taro) di Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis (2021). Politeknik Negeri Jember.
Barid, S. S. A. Q., Prihatin, J. Budi Daya Ulat Sutera Eri (Samia cynthia ricini) (Jogjakarta: Inti Karya Aksara, 2021).
BBE, 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education. Tim BBE Departemen Pendidikan Nasional.
BPS. Kecamatan Sumbersari dalam Angka 2020 (BPJS Jember: BPJS, 2020).
Galbreath, J. 1999. Preparing the 21st Century Worker: The Link Between Computer-Based Technology and Future Skill Sets. Educational Technology, Vol.39 No.6: 14-22.
Laksana, A.D.S., Prihatin, J., and Novenda, I.L. “The Development of Collaborative Learning Based on Brain-Based Learning (BBL) Model for The Junior High School Science Learning in The Agroecosystem Area” (2019) 17:2 Bioedukasi: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 82.
Nurdian, Y. “Pendampingan Pemasaran Produk Unggulan Anyaman Bambu Antirogo di Tengah Pandemi” (2020) 4:2 Integritas Jurnal Pengabdian 303.
Oduor, E.O., Ciera,L., Adolkar, V., and Pido, O. 2016. Eri silkworm rearing practices in Kenya. Journal of Entomology and Zoology Studies. 4(5): 197-201
Prihatin, J. 2010. Sains Polusi: Dampak Hujan Asam terhadap Budidaya Ulat Sutera. Malang: UM Press.
RIPP Unej. Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember 2021-2025. (Jember: UNEJ Press, 2022).
Renuka, G. & Shamitha, G. “Studies on the economic traits of Eri silkworm, Samia cynthia ricini, in relation to seasonal variations” (2014) 2:2 International Journal of Advanced Research 315.
Shifa, K., Getu, E., and Sori, W. 2014. Rearing Performance of Eri-Silkworm (Samia cynthia ricini Boisduval) (Lepidoptera: Saturniidae) Fed with Different Castor (Ricinus communis L.) Genotypes. Journal of Entomology 11(1): 25-33.
Singh, K.C and Benchamin, K.V. 2002. Biology and ecology of the silkworm Samia ricini (Donovan) (Saturniidae): A review. Bulletin of Indian Academy of Sericulture. 6 (2): 20-33.
Tamta, M. & Mahajan, S. (2021). “The novel silk fiber: Eri” (2021) 7:1 International Journal of Home Science 101.
Wahono, B., Ling, P.L., Chang, C.Y. “Evidence of STEM enactment effectiveness in Asian student learning outcomes” (2020) 7:36 International Journal of STEM Education.
Wahono, B., Chang, C.Y., Nguyen, T.T.K. “Teaching Socio-Scientific Issues through Integrated STEM Education: An Effective Practical Averment from Indonesian Science Lessons” (2021) 43:16 International Journal of Science Education 2663.
Wahono, B., Husna, A., Hariyadi, S., Anwar, Y., & Meilinda, M. “Development of integrated STEM education learning units to access students' systems thinking abilities” (2023) , 10(1) Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1-9.
Wongsorn, D., Saksirirat, W., Sirimungkararat, S., and Urairong, H. 2015. Screening for eri silkworm (Samia ricini Donovan) ecoraces using morphological characters, growth, yields, and ISSR marker. Songklanakarin J. Sci. Technol. 37 (5): 499-505.
Zhou, B. dan H. Wang. 2020. Structure and Functions of Cocoons Constructed by Eri Silkworm. Polymers. 12(11): 1-18.
Zhou, B., H. Wang., H. Zhou., K. Wang, dan S. Wang. 2020. Natural Flat Cocoon Materials Constructed by Eri Silkworm with High Strength and Excellent Anti-Ultraviolet Performance. Journal of Engineered Fibers and Fabrics. 15: 1-11
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.