Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pendekatan Art Therapy pada Siswa Taman Kanak-Kanak di Jember
Abstract
Kesehatan gigi dan mulut pada anak pra sekolah/ TK masih sangat perlu diperhatikan, karena penyakit gigi dan mulut pada anak masih berada dalam posisi penyakit terbanyak yang tersebar diseluruh wilayah di Indonesia. Merawat kesehatan gigi anak sejak dini merupakan cara terbaik untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Saat usia bayi sampai umur 5 tahun (balita), perlu mengajarkan pentingnya perawatan gigi agar tidak terjadi kerusakan maupun penyakit mulut saat dewasa. Berdasarkan observasi lapang yang telah dilakukan tim pengabdi di TK Al Ikhlas jember menunjukkan bahwa tingkat karies pada siswa masih cukup tinggi, dimana rata-rata setiap anak mengalami karies gigi susu. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak terutama pada siswa Taman Kanak-Kanak melalui pendekatan Art Therapy (cergam) kesehatan gigi dan mulut. Pendekatan Art Therapy ditekankan pada seni meliputi cerita bergambar, dongeng, menggambar dan mewarnai. Menggunakan cergam anak-anak lebih tertarik dan bisa menjadi salah satu strategi dalam upaya promosi kesehatan yang efektif yang dapat merangsang kemampuan imajinatif non verbal. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut siswa TK Al Ikhlas Jember.
References
Oktarina, Tumaji, & Roosihermiat ie, B. 2016. Korelasi Faktor Ibu Dengan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Taman Kanak-Kanak di Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Humaniora Dan Manajemen Kesehatan, 19(4), 226–235.
Gayatri, R.W., Mardianto, 2016, Gambaran Status Karies Gigi Anak Sekolah Dasar Kota Malang, Jurnal Preventia, 1(1): 42-50.
Riskesdas.Riset Kesehatan Dasar, Badan penelitian dan pengembangan kesehatan, Republik Indonesia. 2013.Jakarta: LaporanNasional
Naidu, R., Nunn, J., & Forde, M. 2012. Oral healthcare of preschool children in Trinidad: a qualitative study of parents and caregivers. BMC oral health, 12(1), 27.
Fatimatuzzahro, N., Prasetya, R. C., & Amilia, W. 2016. Gambaran Perilaku Kesehatan Gigi Anak Sekolah Dasar di Desa Bangalsari Kabupaten Jember. Jurnal IKESMA, 12(2), 85.
Widayati, N. 2014. Faktor yang Berhubungan dengan Karies Gigi pada Anak Usia 4-6 Tahun. Berkala Epidemiologi, 2(2), 196–205.
Ramadahani, A., Iman DNA, Djati F. 2018. Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Pendekatan Kuratif di Sekolah Dasar Negeri 2 Susukan, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VIII” ISBN: 978-602-1643-617
Moyhan, P., & Petersen, P.E. (2001). Diet, nutrition and the prevention of dental diseases. Public Health Nutrition. https://www.cambridge.org/core/journals/public-health-nutrition/article/diet-nutrition-and-the-prevention-of-dental-diseases/1F48A25A0CCF758FACA41ACAF1151B50 diakses 10 Januari 2022.pukul 21:23
Hannigan, S., Grima-Farrel, C., Wardman, N. 2019. Drawing on creative arts therapy approaches to enhance inclusive school culturs and student wellbeing. Issue in Educational Research. 29(3), 756- 773
Brouzos, A, Vassilopoulos, SP, Moschou, K. 2016. Utilizing Storytelling to Promote Emotional Well Being of Children with a Distinct Physical Appearance: The Case of Children Who Wear Eyeglasses. The European Journal of Counselling Psychology. 4(1), 62-76
Isik, M.A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature Studies. 2(3), 115-118
Hamdalah, Afif .2013. Efektivitas Media Cerita Bergambar dan Ular Tangga dalam pendidikan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 2 patrang kabupaten Jamber
Vaahtoranta, E., Lenhart, J., Suggate, S., Lenhard, W. (2019). Interactive Elaborative Storytelling: Engaging Children as Storytellers to Fosters Vocabulary. Frontiers in Psychology. 10, 1534-1547
Nurlila, R.U., Fua J.L, Meliana, 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Pada Siswa Di Sd Kartika Xx-10 Kota Kendari Tahun 2015. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9 No. 1, 94-119
Zulfikri, Huda, Z.I., 2017, Hubungan Indeks Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Indeks Karies Gigi pada Murid SDN 03 Pakan Kurai Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, Jurnal Kesehatan Gigi, 4(1): 55-62.
Aminimanesh, A., Ghazavi, Z., Mehrabi, T. (2018). Effectiveness of the Puppet Show and Storytelling Methods on Children’s Behavioral Problems. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. 24, 61-65
Widyarani .L, Priliana W. K, Kustanti C, 2020. The Effect of Art Therapy on Knowledge and Practice Dental Health Maintenance of Preschool Children. Integrated Nursing Journal.Vol 2 no.1. 29-39
Riyanti,E & Risti, S. 2010. Improving Of The Oral And Dental Health By Changing Child Behaviour. Pustaka Kesehatan. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/06/upaya_peningkatan_kesehatan_gigi_dan_mulut.pdf. Diakses 10 Januari 2022. Jam 22:51
Eddy, F. N. A. E., & Mutiara, H. (2015). Peranan Ibu dalam Pemeliharaan Kesehatan Gi-gi Anak dengan Status Karies Anak Usia Sekolah Dasar. Majority, 4(8), 4–9.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.