Mengajar Engineering Design Process Untuk Memperkenalkan STEM Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Qur’an
Abstract
Saat ini, pekerjaan di industri yang tumbuh paling cepat didominasi dengan pekerja dengan keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM). Untuk menjadi kompetitif, penyedia pekerjaan membutuhkan tenaga kerja yang dapat beradaptasi dengan tempat kerja yang berubah. STEM memberdayakan individu dengan keterampilan untuk sukses dan beradaptasi dengan dunia yang terus berubah tersebut. Dengan latar tersebut di lakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan nama pelatihan Tech for Kids (TFK), yang menitik beratkan pada pembelajaran Engineering Design Process untuk memperkenalkan STEM pada siswa. Anak-anak memiliki kepribadian insinyur secara alami. Dimulai dengan rajin untuk mengotak-atik puzzle yang berupa potongan potongan kecil dari sebuah gambar utuh dan membangun serta membongkar dan menyatukannya kembali. Anak-anak mampu membuat penyesuaian secara cepat dan berimprovisasi tanpa memiliki rasa takut untuk menemukan sesuatu yang baru. Kemampuan berfikir secara luas yang diperkenalkan didalam proses pembelajaran TFK, mampu menyadarkan siswa akan pentingnya teknologi. Demikian juga sekolah yang termotivasi untuk mendorong siswa tidak hanya menjadi pengguna teknologi. Meningkatnya keinginan siswa selama kegiatan berlangsung telah menunjukkan keberhaSilahkann dari pelatihan TFK.
References
Lyn D. English Donna KingDonna King, 2015, STEM learning through engineering design: fourth-grade students’ investigations in aerospace, International Journal of STEM Education, Vol. 2, No. 1
Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Qur’an [Daring], Tersedia pada : https://maps.app.goo.gl/1FyEQSRZQ6pjScjT9 [ Diakses : 16 September 2020 ].
Novi Anoegrajekti, Sudartomo Macaryus, Asrumi, Hanni Miladia Maharani. 2020 Diversifikasi Usaha Sanggar Seni untuk Meningkatkan Kesejahteraan, Warta Pengabdian, Vol. 14, No. 1, hal 9-22
Nur Rosliana Mohd Hafiz and Shahrul Kadri Ayop, 2019. Engineering Design Process in Stem Education: A Systematic Review, International Journal Of Academic Research In Bussines and Social Sciences, Vol. 9, No. 5, hal. 676 – 697
Ridho Alfarisi, Robiatul Adawiyah, Lusiana Ulfa Hardinawati, Mutiara Bilqis. 2020. Pendampingan Pengolahan “Bolen Durian Lumer” Sebagai Produk Unggulan Desa Pakis Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Warta Pengabdian, Vol. 14, No. 2, hal 78-86
Rizqi Ilmal Yaqin, Boby Wisely Ziliwu, Bobby Demeianto, Juniawan Preston Siahaan, Iskandar Musa, Yuniar Endri Priharanto, Rudi Efendi, Muhammad Ali Rozaki, Nirmala Efri Hasibuan, Muhammad Nur Arkham. 2020. Edukasi Perawatan Motor Diesel Kapal Nelayan Desa Pelintung Kota Dumai, Warta Pengabdian, Vol. 14, No. 3, hal 200-209
Rosnida Sari, Sutri Sanova. 2020. Faktor Anak Bekerja di Tambang Emas:Studi Kasus di Tambang Emas Blang Leumak, Aceh Jaya, Warta Pengabdian, Vol. 14, No. 2,hal 94-107
Sapti Prihatmini, Dina Tsalist Wildana, Fanny Tanuwijaya, Al Khanif, Jauhari Zakkiy Annas. 2020. Anak di Embung Cinta: Pembentukan Wisata Ramah Anak di Kelurahan Nangkaan Bondowoso, Warta Pengabdian, Vol. 14, No. 3, hal 173-180
Siew, NM, Goh, H, Sulaiman, F, 2016. Integrating Stem In An Engineering Design Process: The Learning Experience Of Rural Secondary School Students In An Outreach Challenge Program, Journal of Baltic Science Education, Vol 15, No. 4, hal 477–493.
Teaching The Engineering Design Process - STEM Activities for Kids [Daring], Tersedia pada : https://id.pinterest.com/pin/398779741988713981/ [ Diakses : 16 September 2020 ].