Edukasi Perawatan Motor Diesel Kapal Nelayan Desa Pelintung Kota Dumai

  • Rizqi Ilmal Yaqin Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai http://orcid.org/0000-0003-4684-9678
  • Boby Wisely Ziliwu Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Bobby Demeianto Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Juniawan Preston Siahaan Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Iskandar Musa Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Yuniar Endri Priharanto Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Rudi Efendi Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Muhammad Ali Rozaki Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Nirmala Efri Hasibuan Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Muhammad Nur Arkham Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Abstract

Kota Dumai merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Riau yang memiliki garis pantai yang Panjang. Beberapa daerah di Kota Dumai masyarakatnya memiliki mata pencarian sebagai nelayan. Kelompok Usaha Bersama Bunga Mawar yang terletak di Desa Pelintung Kota Dumai adalah salah satu kelompok nelayan. Namun, kebanyakan nelayan belum banyak mengetahui pentingnya perawatan motor diesel pada kapal. Beberapa permasalahan yang ada di motor diesel diangkat menjadi suatu kegiatan pelatihan yang berbasis edukasi. Pelatihan perawatan motor diesel pada nelayan Kelompok Usaha Bersama Bunga Mawar yang terletak di Desa Pelintung Kota Dumai terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan pendekatan kerangka masalah dengan survey lokasi, tahapan sosialisasi secara teoritis dan praktik, dan tahapan monitoring. Hasil pelatihan perawatan motor diesel kapal yang diikuti 15 nelayan yaitu nelayan sangat setuju adanya pelatihan tersebut. Sehingga perlu adanya pelatihan-pelatihan di bagian motor diesel lainnya agar lebih mendalam lagi. Pemberian angket kepuasan ditunjukkan guna mendapatkan masukan tentang kegiatan yang sudah dilakukan. Tingkat kepuasan peserta pelatihan ditunjukkan dengan adanya grafik yang sudah diolah dan disajikan. Harapan setelah pelatihan ini agar nelayan di Kelompok Usaha Bersama Bunga Mawar yang terletak di Desa Pelintung Kota Dumai dapat mandiri mengatasi masalah dan dapat merawat motor diesel pada kapal yang digunakan sebagai alat untuk operasi penangkapan ikan.

Author Biographies

Rizqi Ilmal Yaqin, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Permesinan Kapal

Muhammad Ali Rozaki, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Perikanan Tangkap

Nirmala Efri Hasibuan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Pengolahan Hasil Laut

Muhammad Nur Arkham, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Perikanan Tangkap

References

Dwinanto, Matheus M et al. “Pelatihan Diagnosa, Perbaikan, Dan Perawatan Motor Diesel Dan Motor Tempel Bagi Kelompok Nelayan” (2019) 01:02 Pengabdi Vokasi 7.
Haryono & Purwanto. “Perawatan Mesin Diesel Pesawat Bantu Kapal” (2018) 18:1 J Saintek Marit 91–98.
Imani, Mega Kariya & M Taufik. “Perawatan dan Perbaikan Governor Motor Mesin Induk KM. Ganesa Type 4 Cycle Hanshin Diesel Engine Z6 L 46 SH” (2013) 4:1 J Apl Pelayaran Dan Kepelabuhanan 6–10.
Panjaitan, Dony Ingot, Syafruddin Nasution & Afrizal Tanjung. “Kebiasaan Makanan Ikan Gelodok (Mudskipper) di Perairan Pantai Dumai” (2014) 1:2 J Online Mhs 1–11.
Winarto, Eko Wismo, Harjono Harjono & Lava Himawan. “Pelatihan KKM (Kepala Kamar Mesin) Bagi Nelayan di Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Jawa Tengah” (2018) 1:2 J Pengabdi Dan Pengemb Masy 131.
Wiyastra, Anjaya Purwa & Mulyono S Baskoro. “Instalasi Permesinan Pada Kapal Psp 01” (2012) 3:1 J Teknol Perikan Dan Kelaut 9.
Klikteknikcom. “Cara Membersihkan Filter Solar & Filter Udara Mesin Diesel”, (2018), online: .
Published
2020-09-05
How to Cite
YAQIN, Rizqi Ilmal et al. Edukasi Perawatan Motor Diesel Kapal Nelayan Desa Pelintung Kota Dumai. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 200-209, sep. 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/18492>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i3.18492.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.