Pelatihan Penggunaan Fish Finder Untuk Peningkatan Produksi Perikanan Kelompok Nelayan Tuna Dumai

  • Muhammad Nur Arkham Marine and Fisheries Polytechnic of Dumai
  • Fajar Miftakhul Rizqy Community Development Officer PT Pertamina RU II Dumai
  • Roma Yuli Hutapea Marine and Fisheries Polytechnic of Dumai
  • Rizqi Ilmal Yaqin Marine and Fisheries Polytechnic of Dumai

Abstract

Penerapan ilmu dan teknologi dalam aktivitas perikanan tangkap berbasis sumberdaya akan mampu memenuhi kebutuhan nelayan secara berkelanjutan. Salah satu teknologi penangkapan yang dapat membantu nelayan dalam aktivitas penangkapan ikan adalah fish finder. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan keterampilan kelompok nelayan melalui penggunaan fish finder dalam membantu mendeteksi keberadaan ikan yang nantinya mampu meningkatakan penangkapan ikan hasil tangkapan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pendekatan pengembangan masyarakat melalui pelatihan berdasarkan teori dan praktik serta diskusi kelompok secara terarah (FGD). Kegiatan pelatihan penggunaan fish finder berlangsung dengan baik, semangat dan partisipatif dari para peserta. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan dengan 2 konsep pendekatan yaitu kelas teori dan kelas praktik. Materi yang diberikan dalam kelas teori meliputi pengetahuan dan perkembangan penggunaan fish finder secara global, sedangkan untuk kelas praktik dilaksanakan pengoperasian fish finder langsung di atas kapal. Hasil dari monitoring dan evaluasi menyebutkan bahwa nelayan mendapatkan banyak manfaat dalam menggunakan alat bantu penangkapan fish finder dalam membantu mendeteksi keberadaan ikan sehingga mampu mengurangi biaya operasional, meningkatkan hasil tangkapan dan menemukan daerah tangkapan (fishing ground) lebih mudah. 

References

Ariani, F. Strategi Pengelolaan Pencemaran Di Pesisir Perairan Kota Dumai. (IPB University: Tesis FPIK IPB University, 2016).
Badan Pusat Statistik. Kecamatan Dumai Timur Dalam Angka 2019. (Dumai: BPS Kota Dumai, 2019)
Badan Pusat Statistik. Kota Dumai Dalam Angka 2019. (BPS Kota Dumai: Dumai)
Barus, H., Badrudin, & Naamin, N. “Potensi Sumberdaya Perikanan Laut dan Strategi Pemanfaatannya Bagi Pengembangan Perikanan yang Berkelanjutan”. (Prosiding Forum II Perikanan, Sukabumi, 18-21 Juni 1991. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian Republik Indonesia, Jakarta.)
Bhagya, T.G., & Prakarsa, G. “Studi Kelayakan Penerapan Teknologi GPS dan Fish Finder untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Ikan”. (2016) In Search, (15) 2: 55-60.
FAO. Fisheries Management. FAO Technical Guidelines for Responsible Fisheries. No. 4 Rome. 45 p (FAO, 1997)
https://www.garmin.co.id/products/onthewater/ff-350-plus/
Monintja, D.R. “Pengembangan Perikanan Tangkap Berwawasan Lingkungan”. (Seminar Pengembangan Agribisnis Perikanan pada Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta. Agustus 1994. Jakarta.)
Wisudo, S.H., Nurani, T.W., & Zulkarnain. Teknologi Penangkapan ikan yang layak Dikembangkan di Labuan, Jawa Barat. (IPB University: FPIK-IPB University, 1994).
Published
2020-11-29
How to Cite
ARKHAM, Muhammad Nur et al. Pelatihan Penggunaan Fish Finder Untuk Peningkatan Produksi Perikanan Kelompok Nelayan Tuna Dumai. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 4, p. 240-252, nov. 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/18393>. Date accessed: 17 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i4.18393.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.