Anak di Embung Cinta: Pembentukan Wisata Ramah Anak di Kelurahan Nangkaan Bondowoso

  • Dina Tsalist Wildana Fakultas Hukum, Universitas Jember
  • Al Khanif Fakultas Hukum, Universitas Jember
  • Sapti Prihatmini Fakultas Hukum, Universitas Jember
  • Fany Tanuwijaya Fakultas Hukum, Universitas Jember

Abstract

Kelurahan Nangkaan memiliki keindahan alam berupa embung yaitu cekungan penampung air yang berguna untuk menjaga kualitas air, mencegah banjir dan berguna untuk irigasi sawah. Menariknya embung ini berbentuk hati hingga disebut dengan embung cinta. Keindahan alam ini dimanfaatkan untuk membentuk Desa Wisata Embung Cinta. Lebih khusus, desa wisata ini akan mengusung konsep ramah anak. Metode Asset Based Community Development (ABCD) akan menjadi berbagai kondisi kelurahan Nangkaan sebagai aset yang dapat dikembangkan menuju desa wisata ramah anak. Hasil kegiatan ini adalah berupa kesepakatan ide pembentukan desa wisata ramah anak dari para stake holder meliputi Kepala Pemerintahan Kelurahan Nangkaan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat. Beberapa program awal yang telah dilakukan adalah menyelenggaran lomba lukis dengan promosi tempat wisata dan membuat konsep wisata ramah anak. Masih banyak tahapan yang harus dilakukan menuju desa wisata ramah anak. Tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak dan semangat yang harus terus dibangun.

References

“Desa Wisata Diyakini Memberi Kemajuan Pengembangan Desa”, (13 August 2019), online: Repub Online , Library Catalog: republika.co.id.
Agus Afandi, Aplikasi Pendekatan Abcd Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN), UIN Sunan Ampel Surabaya.
Christopher Dureau, Pembaru dan kekuatan lokal untuk pembangunan, (Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS) Tahap II, Agustus 2013), hal. 96-97
Kabupaten/Kota Layak Anak (Kemeterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia)
Published
2020-09-05
How to Cite
WILDANA, Dina Tsalist et al. Anak di Embung Cinta: Pembentukan Wisata Ramah Anak di Kelurahan Nangkaan Bondowoso. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 173-180, sep. 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/17172>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i3.17172.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.