Aplikasi Sistem Daring Pendekatan “Student Evaluation” untuk Evaluasi Kinerja Dosen di Politeknik Negeri Manado

  • Selfy Manueke Politeknik Negeri Manado

Abstract

Pengembangan aplikasi sistem online pendekatan “student evaluation” untuk evaluasi performance dosen di Politeknik Negeri Manado merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2018.  Pengembangan aplikasi ini memiliki dua tujuan, yaitu pertama, untuk memudahkan mahasiswa menilai dosennya dalam pelaksaaan proses belajar mengajar dimana dengan adanya aplikasi sistem online ini mahasiswa dapat menilai kinerja dosennya secara objektif. Tujuan kedua adalah untuk memudahkan Pimpinan Jurusan dan Koordinator Program Studi dalam memperoleh informasi tentang kinerja dosen yang kemudian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk pengembangan kompetensi dosen, pengembangan karir dosen, dan untuk pemberian reward and punishment.  Sedangkan tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendiseminasikan aplikasi sistem ini kepada mahasiswa, pimpinan jurusan dan koordinator program studi, yang dilakukan melalui pelatihan untuk menguji-cobakan penggunaan aplikasi sistem ini. Pelatihan dihadiri oleh mahasiswa (23 orang), Dosen (5 orang) Pimpinan Jurusan (2 orang) dan Koordinator Program Studi (3 orang). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mahasiswa, dosen, pimpinan jurusan dan koordinator program studi dapat memahami dan dapat mengoperasikan aplikasi sistem ini. Hal itu ditunjukkan dengan hasil tanya-jawab serta diskusi yang telah terlaksana pada saat pelatihan. Dari hasil uji-coba aplikasi sistem ini dapatlah disimpulkan bahwa sistem ini dapat diterapkan untuk mengevaluasi kinerja dosen secara objektif khususnya dalam hal belajar mengajar sebagai pengganti formulir manual yang selama ini digunakan oleh Pusat Pembelajaran dan Penjaminan Mutu untuk mengevaluasi kinerja dosen.

References

Beran, T., Violato, C., Kline, D., & Frideres, J. What do students consider useful about student ratings? (Assessment & Evaluation in Higher Education, 1-9. 2008)
Bie, D., & Meng, F. On Student Evaluation of Teaching and Improvement of the Teaching Quality Assurance System at Higher Education Institutions. (Chinese Education & Society, 42(2), 100-115. 2009)
Carter, V. K. Five steps to becoming a better peer reviewer. (College Teaching, 56(2), 85-88. 2008).
Dikti-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Webmaster-18 December 2011. Sistem Pendidikan Tinggi. http://www.dikti.go.id/?page_id=68&lang=id (Diakses 01 April 2013).
Huxham, M., Laybourn, P., Cairncross, S., Gray, M., & Brown, N. Collecting student feedback: a comparison of questionnaire and other methods. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 33(6), 675-686. 2008).
Kember, D., Leung, D. Y. P., & Kwan, K. P. Does the Use of Student Feedback Questionnaires Improve the Overall Quality of Teaching? (Assessment & Evaluation in Higher Education, 27(5), 411-425. 2002)
McCormack, C. Reconceptualizing student evaluation of teaching: an ethical framework for changing times. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 30(5), 463-476. 2005).
Neumann, R. Communicating Student Evaluation of Teaching Results: Rating Interpretation Guides (RIGs). (Assessment & Evaluation in Higher Education, 25(2), 121-134. 2000).
Nilson, L. B. Teaching at Its Best; A Research-Based Resource for College Instructors (3rd ed.). (San Francisco, CA: Jossey-Bass. 2010).
Pounder, J. S. Transformational classroom leadership: a novel approach to evaluating classroom performance. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 33(3), 233–243. 2008).
Saroyan, A., & Amundsen, C. Evaluating University Teaching: Time to take stock. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 26(4), 341-353. 2001).
Smith, B. P. Student ratings of teaching effectiveness: An analysis of end-of-course faculty evaluations. (College Student Journal, 41(4), 788-800. 2007).
Spooren, P., Mortelmans, D., & Denekens, J. Student evaluation of teaching quality in higher education: development of an instrument based on 10 Likert-scales. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 32(6), 667-679. 2007).
Wood, L. N., & Harding, A. Can you show you are a good lecturer? International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 38(7), 939-947. 2007).
Worthington, A. C. The Impact of Student Perceptions and Characteristics on Teaching Evaluations: A case study in finance education. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 27(1), 49-64. 2002).
Yining, C., & Hoshower, L. B. Student Evaluation of Teaching Effectiveness: an assessment of student perception and motivation. (Assessment & Evaluation in Higher Education, 28(1), 71-88. 2003).
Published
2020-06-10
How to Cite
MANUEKE, Selfy. Aplikasi Sistem Daring Pendekatan “Student Evaluation” untuk Evaluasi Kinerja Dosen di Politeknik Negeri Manado. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 108-121, june 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/14767>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i2.14767.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.