Pemberdayaan Masyarakat Dusun Padasan Desa Darsono Kecamatan Arjasa melalui Posdaya dan Produk Berbasis Rimpang Tanaman Obat

  • Endah Puspitasari Fakultas Farmasi, Universitas Jember
  • Viddy Agustian Rosyidi Fakultas Farmasi, Universitas Jember

Abstract

Kelompok ibu-ibu di di Dusun Padasan belum memiliki aktivitas yang produktif, padahal mereka memiliki peluang dengan mengoptimalkan budidaya rimpang yang telah dilakukan dalam skala rumah tangga. Program Pengabdian Kemitraan (PPK) ini dilakukan dengan kelompok ibu-ibu di Dusun Padasan, Desa Darsono, Kecamatan Arjasa sebagai mitra. Pemberdayaan dilakukan dengan melatih dan mendampingi kelompok ibu-ibu di sana agar mampu menghasilkan bahan baku jamu berupa rimpang kunyit, jahe, dan temu kunci sesuai dengan kaidah Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) serta diversifikasi produk berbasis rimpang tanaman obat, yaitu kunyit, jahe, dan temu kunci. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program Saintifikasi Jamu yang telah dicanangkan pemerintah. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan tentang struktur organisasi dan tata kelola Posdaya; budidaya rimpang dan khasiatnya; pembuatan obat tradisional yang baik; serta pemasaran produk yang telah dihasilkan. Di akhir kegiatan, telah terbentuk Posdaya Darsono yang memiliki 3 jenis produk awal berbasis rimpang, yaitu teh herbal Wedang Uwuh, Jahe, dan Temulawak.

References

B2P2TOOT, 2016. Laporan Tahunan 2015. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional.
Bhastoni K dan Yuliati Y, 2015. Peran Wanita Tani di Atas Usia Produktif dalam Usahatani Sayuran Organik terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Desa Sumberejo Kecamatan Batu. Habitat 26 (2): 119-129.
Depkes RI, 1979. Farmakope Indonesia Edisi III. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI, 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 003/Menkes/Per/I/2010 tahun 2010 tentang Saintifikasi Jamu dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI, 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 88 tahun 2013 tentang Rencana Induk Pengembangan Bahan Baku Obat Tradisional. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Yayuk, 2019. Kondisi Masyarakat Dusun Padasan, Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Hasil Wawancara Pribadi, 2 Mei 2019.
Published
2020-03-15
How to Cite
PUSPITASARI, Endah; ROSYIDI, Viddy Agustian. Pemberdayaan Masyarakat Dusun Padasan Desa Darsono Kecamatan Arjasa melalui Posdaya dan Produk Berbasis Rimpang Tanaman Obat. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 49 - 56, mar. 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/14227>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i1.14227.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.