Pendampingan Diversifikasi Produk Olahan Tape Pada UMKM Pembuat Tape “Ngangeni” di Dusun Mangli Desa Karangsari Kecamatan Sempu Banyuwangi

  • Nurchayati Nurchayati Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Faculty of Mathematic and Natural Science, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Hasyim As'ari Faculty of Mathematic and Natural Science, Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Dusun Mangli merupakan daerah di Desa Karangsari Kecamatan Sempu Banyuwangi yang penduduknya banyak sebagai pelaku UMKM pengusaha tape. Para pengusaha tape dari dusun Mangli ini menjual tape hasil produksinya dalam bentuk setengah jadi dan dikirim ke Bali atau di jual di area lokal. Produksi tape ini sangat dipengaruhi oleh keberadaan singkong sebagai bahan bakunya. Jika harga singkong murah para pengusaha tape memperbesar produksi dan berakibat banyak tape yang tidak laku terjual. Sebaliknya jika harga singkong mahal maka, pengusaha tape memilih tidak memproduksi. Tape yang tidak laku jual dan produksi yang tersendat menyebabkan pendapatan masyarakat sekitar juga menurun. Melihat kondisi tersebut tim pengabdian masyarakat fakultas MIPA Universitas PGRI Banyuwangi melakukan pendampingan diversifikasi produk olahan tape pada UMKM pembuat tape “Ngangeni” di Dusun Mangli tersebut. Tujuannya adalah agar pengusaha tape dapat meningkatkan nilai ekonomi tape dengan memanfaatkan tape yang tidak laku jual dan dapat lebih berdaya dalam meningkatkan perekonomian. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan pelatihan pembuatan produk olahan, pendampingan pembuatan produk, pengemasan dan pemasaran, evaluasi dan monitoring. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pelaku UMKM pembuat tape untuk mengolah tapenya menjadi produk bernilai jual. Produk dari yang dijual juga beragam tidak hanyak tape. Pelaku UMKM juga menjadi berdaya untuk meningkatkan nilai ekonomis tape.

References

Chan, H. T., JR. 1983. Handbook of Tropical Foods. Marcel Dekker Inc. New York and Bassel.
Fitri, W. 2008. Uji Kadar Protein Tape Singkong (Manihot utilissima) dengan Penambahan Sari Buah Nanas (Ananas comosus). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Direktorat Gizi Depkes. RI. 1981. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. 1992. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhartara Karya Aksara, Jakarta.
Hidayat, N., Padaga, M. C dan Suhartini, S. 2006 .Mikrobiologi Industri. Yogyakarta: Andi Offset
Published
2019-12-13
How to Cite
NURCHAYATI, Nurchayati; PRAYEKTI, Novi; AS'ARI, Hasyim. Pendampingan Diversifikasi Produk Olahan Tape Pada UMKM Pembuat Tape “Ngangeni” di Dusun Mangli Desa Karangsari Kecamatan Sempu Banyuwangi. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 185-192, dec. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/13632>. Date accessed: 24 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i4.13632.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.