Teknologi Diversifikasi Produk Tahu di Desa Sumbersalak Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga

  • Sukron Romadhona Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Susan Patricia Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Salah satu Industri Rumah Tangga (IRT) Tahu yang berada di Kabupaten Jember adalah di Desa Sumbersalak, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari. Terdapat 2 produsen tahu yang tergabung dalam 1 IRT, dengan rata-rata bahan baku produksi 25 kg/hari untuk tahu dan 20 kg/hari untuk olahan kedelai lainnya, dengan tenaga kerja 4-6 orang. Permasalahan yang dihadapi IRT Tahu ini adalah: (1) Suara dari mesin penggilingan kedelai yang sangat bising, yang berbahaya bagi kesehatan telinga pekerja dan sering mendapat komplain dari warga sekitar, dan (2) Limbah pengolahan tahu yang berbau sering membuat masyarakat merasa tidak nyaman. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan: (1) Observasi kegiatan produksi dan diskusi dengan produsen tahu untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan yang dapat diatasi dan (2) Sosialisasi tentang peluang wirausaha produk olahan tahu dengan ibu-ibu yang berada di sekitar IRT tahu. Adanya pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi tepat guna ini diharapkan dapat: (1) Membantu IRT tahu dalam memperlancar kegiatan produksi, bahkan meningkatkan produksi, sehingga berpeluang untuk meningkatkan kapasitas industri yang pada akhirnya dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, (2) membantu IRT untuk menurunkan polusi akibat aktivitas produksi sehingga tidak mengganggu kesehatan produsen, keluarga dan masyarakat sekitar, dan (3) Membantu masyarakat sekitar dan juga IRT Tahu dengan melakukan wirausaha prodak olahan tahu yang nilai jualnya akan lebih tinggi dan akan lebih besar jangkauan pasarnya.

References

Amarsari, N.F. (2010). Perbedaan Kadar Magnesium, Lama Simpan, Daya Terima dan Kekenyalan Pada Tahu Dengan Penggumpalan Whey dan Nigarin. Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran,Universitas Diponegoro.
Nugrahani, E.V. (2014). Pembuatan Koagulan Tahu dari Air Laut yang Dipekatkan Melalui Pemanasan pada Beberapa Tingkat Konsentrasi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Jember.
Purwantari, H., dkk..(2015). Perancangan dan Uji Kinerja Pasteurizer Tahu. Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertaian, Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Prosiding Seminar Agroindustri dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI Program Studi TIP-UTM, 2-3 September 2015.
Riant, N. dan Randy W. (2007) Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar & Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Widaningrum, I. (2015). Teknologi Pembuatan Tahu Yang Ramah Lingkungan (Bebas Limbah). Fakultas Teknik,Universitas Muhammadiyah Ponorogo. JURNAL DEDIKASI, ISSN 1693-3214.
Published
2020-03-15
How to Cite
ROMADHONA, Sukron; PATRICIA, Susan. Teknologi Diversifikasi Produk Tahu di Desa Sumbersalak Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 23 - 31, mar. 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/11315>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i1.11315.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.