ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU FISIKA

  • Nuril Munfaridah
  • Mohammad Syaifullah Yusuf
  • Siti Zulaikah

Abstract

Teknologi sebagai bagian dari pembelajaran merupakan tuntutan bagi guru pada abad 21. Guru fisika masih kesulitan dalam mengintegrasikan berbagai perangkat teknologi ketika melakukan rangkaian proses interaksi antara siswa dan guru dengan sumber belajar. Keberadaan kemampuan TPACK dibutuhkan untuk mewadahi mahasiswa calon guru maupun guru untuk menjembatani kesenjangan antara kemajuan teknologi dan desain kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan TPACK mahasiswa calon guru fisika terhadap jenis kelamin dan angkatan. Metode yang digunakan adalah mix method explanatory sequental. Sampel penelitian berjumlah 58 mahasiswa calon guru fisika. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang diadopsi dari penelitian Arif Hidayat (2019). Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Nilai kompetensi TPACK mahasiswa calon guru fisika rata-rata tinggi ; b) Pada analisis menggunakan uji t, jenis kelamin memiliki perbedaan pada kompetensi CK, PCK, dan TPACK ; c) Sedangkan pada tahun angkatan memiliki perbedaan pada Kompetensi CK, PCK, TCK, dan TPACK. Akan tetapi, pada kompetensi PK, TK, TPK tidak ada perbedaan yang signifikan antara jenis kelamin dan angkatan. Meskipun tidak semua komponen TPACK memiliki perbedaan, perbandingan skor TPACK pada akhirnya menunjukkan perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis kelamin dan angkatan. Dengan demikian, kemampuan TPACK dari mahasiswa calon guru fisika dapat dipengaruhi oleh dua variabel yaitu jenis kelamin dan angkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aito, A., Rohiat, R., & Anwar, S. (2018). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajara Fisika. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 12(3). https://doi.org/10.33369/mapen.v12i3.5938
Alwi, A. (2018). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. al- fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 13–
22.
Amelia, A. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) calon guru fisika menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Azizah, D. S. (2021). Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowladge (TPACK) calon guru fisika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan implementasinya dalam pembelajaran [Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://etheses.uinsgd.ac.id/49560/

Candra, P. N., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), Article 2.
https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166 Cresswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2011). Designing
and conducting mixed methods research.
Darlis, A. (2014). Kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Swasta Ridho Allah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Donovan, L., Green, T. D., & Mason, C. (2014). Examining the 21st century classroom: Developing an innovation configuration map. Journal of Educational Computing Research, 50(2), 161–178.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190–199.
Halim, A. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Tehadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2), 114. https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8725
Hamid, A. A. (2008). Pengembangan Profesi Guru Fisika. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/DiktatPP GF
Hamka, D., & Suparwoto, S. (2018). Kemampuan (Kinerja) Guru Fisika SMA Negeri dalam Pembelajaran Berdasarkan Teaching Experience Di Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration, 1(1). https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5199
Herawati, H. (2021). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge(TPACK) Guru Kimia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Herayanti, L., & Habibi, H. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61–66.
Hidayat, A. (2019). Developing And Validating A Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Instrument For Secondary Physics Preservice Teachers In Indonesia.
Hume, A., & Berry, A. (2013). Enhancing the Practicum Experience for Pre-service Chemistry Teachers Through Collaborative CoRe Design with Mentor Teachers | SpringerLink. https://link.springer.com/article/10.1007/s11165- 012-9346-6
Irenewaty, T. (2015). Kesulitan-Kesulitan Guru Dalam Implementasi KTSP MATA Pelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas (Penelitian di SMA NI Prambanan Klaten). ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 11(1).
Jordan, K. (2013). The influence of gender on beginning teachers’ measurement of TPACK knowledge | Australian Educational Computing. http://journal.acce.edu.au/index.php/AEC/article/ view/21
Kay, R. (2006). Addressing Gender Differences in Computer Ability, Attitudes and Use: The Laptop Effect. Journal of Educational Computing Research, 34(2), 187–211. https://doi.org/10.2190/9BLQ-883Y-XQMA- FCAH
Khoerunisa, R. (2022). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Daring Pada Calon Guru Kimia [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123 456789/60566
Koh, J. H. L., & Chai, C. S. (2011, Desember). Modeling pre-service teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK) perceptions: The influence of demographic factors and TPACK constructs. https://repository.nie.edu.sg/handle/10497/14126
Koh, J. h. l., Chai, C. s., & Tsai, C. c. (2010). Examining the technological pedagogical content knowledge of Singapore pre-service teachers with a large- scale survey. Journal of Computer Assisted Learning, 26(6), 563–573. https://doi.org/10.1111/j.1365- 2729.2010.00372.x
Kom, S. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Penerbit Lakeisha.
Koyuncuoglu, Ö. (2021). An Investigation of Graduate Students’ Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 299–313. https://eric.ed.gov/?id=EJ1293162
Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Mouza, C. (2016). Developing and assessing TPACK among pre-service teachers: A synthesis of research. Dalam Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators (hlm. 169–190). Routledge.
Mustaqim, M. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Nevrita, N., Asikin, N., & Irawan, B. (2021). Perbedaan Kematangan Pedagogical Content Knowledge Guru IPA Berdasarkan Gender dan Masa Mengabdi. Pedagogi Hayati, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31629/ph.v5i2.3944
Nofiani, M., & Julianto, T. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Pembelajaran terhadap KemampuanTPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 577–582.

Noviyanto, I. (2020). Hubungan Jenis Kelamin Dan Masa Kerja Dengan Kompetensi TPACK Guru Kimia SMA/MA [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123 456789/51411
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Nurmasyitah, N. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 102. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3527
Nuryantini, A. Y., Handayani, W., Yuningsih, E. K., & Yuniarti, H. (2020). Tinjauan Kurikulum dan Model Pembelajaran di Era Digital. https://etheses.uinsgd.ac.id/30571/1/Artikel/
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional.
Deepublish.
Oster, A., & Peled, Y. (2014). Technological pedagogical content knowledge in pre-service teacher education: Research in progress. The 2nd International Workshop on Learning Technology for Education in Cloud, 41–47.
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(2), Article
Published
2024-12-14
How to Cite
MUNFARIDAH, Nuril; YUSUF, Mohammad Syaifullah; ZULAIKAH, Siti. ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU FISIKA. ScienceEdu, [S.l.], v. 7, n. 02, p. 126-142, dec. 2024. ISSN 2685-2071. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/53462>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/se.v7i02.53462.
Section
Articles