Pengaruh Keterampilan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Dawarblandong Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif

  • Claritha Canda Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Laily Rosdiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Dawarblandong kelas VIII. Faktor keterampilan berkomunikasi guru dan motivasi belajar siswa yang diteliti merujuk pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem pernapasan manusia. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dinilai sesuai dengan karakteristik materi sistem pernapasan manusia dengan mempertimbangkan aspek peran keterampilan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan metode observasi dan pengisian angket. Pengisian angket dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada siswa yang menjadi kelas contoh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Dawarblandong kelas VIII. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa di kelas VIII-1. Instrumen yang digunakan berupa angket keterampilan berkomunikasi guru berjumlah 11 butir pertanyaan, angket motivasi belajar siswa berjumlah 11 butir pertanyaan, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data pada keterampilan berkomunikasi guru dan motivasi belajar siswa menggunakan nilai mean, pada keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan nilai modus dengan nilai terendah 3, dan pada pengaruh keterampilan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa menggunakan korelasi product moment . Hasil dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 dawarblandong tinggi, keterampilan berkomunikasi guru IPA SMP Negeri 1 Dawarblandong baik, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terlaksana pada materi sistem pernapasan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdellateef, M. and Foroudi, P. (2022), "Impact of Motivation, Technology and Social Interaction on Teaching Using Blended Learning", Foroudi, P., Nguyen, B. and Melewar, T.C. (Ed.) The Emerald Handbook of Multi-Stakeholder Communication, Emerald Publishing Limited, Bingley, pp. 191-211. https://doi.org/10.1108/978-1-80071-897-520221017
Agustina, Sri. 20202. Penerapan Model Pembelajaran Koopertaif Type Jigsaw Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMP Muhammadyah Gunung Meriah. Banda Aceh: UIN AR-RANIRY
Aini, Zumrotul. 2019. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Curup: IAIN Curup
Ali, Imron. 2021. Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubatidin, Vol 7 No. 01
Fazli, Ali. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada kelas V. Jambi: Universitas Jambi.
Hassanah, Juriatun. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Kekatifan Belajar Siswa. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna
Jaya. Indra. 2010. Statistik penelitian Untuk Pendidikan. Medan: Cita Pustaka, hal 18
Malawi, Abdullah. 2017. Pembelajaran Tematik. Magetan: CV. AE Grafika
Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan komunikasi siswa setelah diterapkan strategi active knowledge sharing ketika pembelajaran daring. PENSA: E-JOURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 247-251. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38273
Rayhan. 2019. Hubungan Anatar Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Murid SD INPRES Botomannai Makassar. Makasar: Universitas Muhammadyah Makassar
Rifayati. 2020. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Makasar: UM Makassar
Rudhumbu, N. (2022), "Antecedents and consequences of effective implementation of cooperative learning in universities in Zimbabwe", Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JRIT-01-2022-0004
Sudirman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Garfundo
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian : Kuantiotatif, Kualitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta
Sukmadinata. 2011. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahyudi. 2021.Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Sungai Bertam. Jambi: UIN Sutha Jambi
Yu, A.T.W. (2017), "Using jigsaw method to enhance the learning of research and consultancy techniques for postgraduate students", Engineering, Construction and Architectural Management, Vol. 24 No. 6, pp. 1081-1091. https://doi.org/10.1108/ECAM-03-2016-0080
Published
2023-06-15
How to Cite
PUTRI, Claritha Canda; ROSDIANA, Laily. Pengaruh Keterampilan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Dawarblandong Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. ScienceEdu, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 75-82, june 2023. ISSN 2685-2071. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/39667>. Date accessed: 20 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39667.