Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
The independent curriculum implements a new paradigm of learning, one of which is independent learning. Independent learning is an approach for students to be able to choose lessons according to their interests and needs. The needs and interests of each student vary and the teacher can accommodate this diversity by implementing differentiated learning. Learning that fits the needs of students through differentiated learning can improve student learning outcomes. The purpose of this research is to review the importance of differentiated learning in the independent curriculum era to improve student learning outcomes. Based on a literature review, the results of the study show that there is an effect of differentiated learning on improving student learning outcomes. Improvement of learning outcomes as a form of implementing one or more aspects of differentiation. The differentiation aspect consists of content, process, product, and learning environment differentiation.
Downloads
References
Agustiana, I., dan Asshidiqi, G. H. 2021. Peranan Kurikulum dan Hubungannya dengan Pengembangan Pendidikan pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. 5(1): 24-33.
Fitra, D. K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia. 5(3): 250-258.
Iskandar, D. 2021. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas ixA SMPN 1 Sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). 1(2): 123-140.
Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., dan Silaban, B. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(20): 314-321.
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N., Putri, F. D., dan Nulhaq, S. 2022. Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan. 8(2): 162-172.
Martin, R., dan Simanjorang, M. M. 2022. Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar. 1(1): 125-134.
Nugraha, T. S. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI. 19(2): 251-262.
Pranoto, E. 2023. Model Dizcovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., dan Prihantini. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. 6(4): 6313-6319.
Sari, F. I., Sunendar, D., dan Anshori, D. 2023. Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(1): 146-151.
Sarie, F. N. 2022. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(2): 492-498.
Siburian, R., Simanjutak, S. D., dan Simorangkir, F. M. 2019. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6(2): 1-9
Suharyat, Y. 2019. Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Suwartiningsih. 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas Ixb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPPI). 1(2): 80-94.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., dan Sari, I. P. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. jurnal jendela pendidikan. 2(4): 529-53