Penerapan Model Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP

  • Silvia Bella Yolanda University of Jember

Abstract

Abstrak: Kurang terlibatnya seorang peserta didik dalam suatu proses pembelajaran atau dalam kata lain yang bersifat eacher center, hal tersebuat dapat menyebabkan seorang anak didik atau ppeserta didik mengalami rendahnya daya untuk berpikir kreatif, baik dari segi intelektual, konsentrasi, percaya diri dan kepribadian. Serta didalam suatu proses pembelajaran terdapat masalah mengenai kurangnya atau rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep  mata pelajaran IPA. Penelitian ini dibuat guna untuk meningkatkan penerapan model dalam pembelajaran IPA siswa SMP yang menggunakan metode keterampilan berfikir kreatif siswa dan pemahaman konsep IPA, serta melihat bahwa disekolah sudah menerapkan model pembelajaran terseburt atau belum.  Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pengambilan data melalui proses wawancara tes mengenai materi pembelajaran dengan beberapa siswa SMP kelas IX. Sampel penelitian ini diambil dari SMP Negeri 3 Rambipuji dengan menggunakan 25 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan melalui tes wawancara dapat dinyatakan bahwasanya 70% dari siswa SMP Negeri 3 Rambipuji sudah menjawab dengan baik dan dalam hal berfikir kreatif dan pemahaman konsepnya sudah baik. Sehingga dapat dinyatakan bahwasanya penerapan model pembelajaran IPA dengan menggunakan metode berfikir kreatif dan metode pemahaman konsep sangat penting dan berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran.


 


Kata kunci: Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa, Pemahaman Konsep IPA

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-08
How to Cite
YOLANDA, Silvia Bella. Penerapan Model Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. ScienceEdu, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 86-92, july 2019. ISSN 2685-2071. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/11798>. Date accessed: 20 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11798.
Section
Articles