PROFIL SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

  • Kamila Duwi Fatmawati Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember

Abstract

Profil pemecahan masalah merupakan gambaran secara umum mengenai kegiatan memecahkan masalah matematika yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan lima tahapan pemecahan masalah model IDEAL, yaitu mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, mencari solusi, melaksanakan strategi, dan mengkaji kembali serta mengevaluasi pengaruhnya. Hal tersebut menjadi menarik ketika dikaitkan dengan kemampuan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan soal cerita pokok bahasan Aritmatika Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa berkemampuan matematika tinggi diberi dua soal tes pemecahan masalah, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses dalam memecahkannya. Hasil yang diperoleh adalah siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator dari setiap tahap pemecahan model IDEAL. Hal ini terlihat dari hasil pekerjaan yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa tersebut.

Published
2020-07-24
How to Cite
FATMAWATI, Kamila Duwi; TRAPSILASIWI, Dinawati; YUDIANTO, Erfan. PROFIL SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL. Saintifika, [S.l.], v. 22, n. 2, p. 1-11, july 2020. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/15950>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/saintifika.v22i2.15950.
Section
Articles