PEWARNAAN SISI r-DINAMIS PADA GRAF HASIL OPERASI AMALGAMASI TITIK KELUARGA GRAF POHON DAN KAITANNYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

  • Lusia Dewi Minarti University of Jember
  • Dafik Dafik University of Jember
  • Susi Setiawani University of Jember
  • Slamin Slamin University of Jember
  • Arif Fatahillah University of Jember

Abstract

Abstract. Pewarnaan sisi dinamis suatu graf  didefinisikan sebagai pemetaan  dari  ke himpunan warna sedemikian hingga memenuhi kondisi  dan  dimana  adalah himpunan sisi yang bertetangga dengan  dan  adalah derajat titik . Nilai  yang minimal sehingga graf  memenuhi pewarnaan warna sisi dinamis disebut bilangan kromatik sisi dinamis, yang dinotasikan dengan  Penelitian ini, peneliti menentukan bilangan kromatik  pada graf hasil operasi amalgamasi titik dari keluarga graf pohon yaitu graf bintang dan graf sapu menggunakan metode deduktif aksiomatik. Hasil dari penelitian ini adalah teorema yang menyatakan bilangan kromatik pewarnaan sisi dinamis. Terdapat tiga teorema yang dihasilkan dari graf yang diteliti serta setiap tahap dalam penelitian ini dikaitkan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi.


 


Keywords: Pewarnaan sisi dinamis, operasi amalgamasi titik, keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Published
2019-07-12
How to Cite
MINARTI, Lusia Dewi et al. PEWARNAAN SISI r-DINAMIS PADA GRAF HASIL OPERASI AMALGAMASI TITIK KELUARGA GRAF POHON DAN KAITANNYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Saintifika, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 15-22, july 2019. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/13561>. Date accessed: 23 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i2.13561.
Section
Articles