ANALISIS PENGARUH SKALA DIAMETER COMBUSTOR DENGAN SUDDEN EXPANSION PADA PEMBAKARAN GAS LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS) TERHADAP ENERGI OUTPUT PEMBAKARAN

  • Danang Muharyanto Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Santoso Mulyadi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Boy Arief Fachri Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dewasa ini sangat mempengaruhi jumlah ketersediaan sumber-sumber energi yang tidak dapat diperbaharui yang ada di permukaan bumi yang disebabkan oleh penggunaan sumber energi tersebut, yang sebagian besar dipergunakan sebagai bahan bakar untuk mendukung setiap aktifitas manusia. Proses pembakaran gas LPG terjadi di dalam combustor yang dibuat dengan menggunakan bahan tembaga (Cu). Combustor skala meso memiliki ukuran diameter dalam inlet 4,5 mm dan ukuran diameter dalam outlet divariasikan pada 5 mm, 5,5 mm dan 6 mm. Sedangkan pada combustor skala makro memiliki ukuran diameter dalam inlet 10 mm dan ukuran diameter dalam outlet divariasikan pada 11 mm, 12 mm dan 13 mm. Pengujian dilakukan dengan metode eksperimental untuk memperoleh data yang berupa temperatur dinding combustor dan temperatur nyala api. Data temperatur diolah menjadi data energi, selanjutnya dilakukan analisis energi output pembakaran menggunakan metode regresi berganda dengan menggunakan software minitab 16. Diperoleh hasil efisiensi 97,74% dengan besar energi output 328102 Watt pada skala meso dan diperoleh hasil efisiensi 2,26% dengan energi output 7602 Watt pada skala makro.


Kata Kunci: combustor, meso, makro, energi, seminar nasional, teknik mesin, universitas jember

Published
2018-01-01
How to Cite
MUHARYANTO, Danang; MULYADI, Santoso; FACHRI, Boy Arief. ANALISIS PENGARUH SKALA DIAMETER COMBUSTOR DENGAN SUDDEN EXPANSION PADA PEMBAKARAN GAS LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS) TERHADAP ENERGI OUTPUT PEMBAKARAN. STATOR: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 4-9, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STATOR/article/view/7493>. Date accessed: 23 feb. 2020.
Section
Articles