PENGARUH VARIASI WAKTU DAN TEMPERATUR PADA PROSES ELEKTROPLATING LAPISAN CHROME TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN BAJA SS400

  • bayu aditya putra Teknik Mesin

Abstract

 


Pelapisan sebuah material adalah salah satu cara untuk memperbaiki sifat dan juga memperbaiki penampilan agar sebuah material lebih memiliki nilai jual atau nilai mekanik yang baik, oleh karena itu proses pelapisan elektroplating sangat diperlukan agar menambah nilai – nilai tersebut. Untuk proses yang dilakukan oleh peneliti  yaitu dengan  memilih baja SS400 untuk menjadi bahan atau material penelitian karena dapat menambah nilai untuk kegunaannya. Elektroplating adalah proses melapisi material logam yang memilki sifat konduktor (penghantar llistrik) yang menggunakan arus listrik searah (DC/Direct Current) agar menghantarkan ion  logam yang berpindah dari logam pelapis yang biasa disebut elektroda positif (anoda)  atau yang berasal dari elektrolit menuju ke logam yang akan dilapisi yaitu elektroda negatif (katoda). pada proses elektroplating  terjadi proses pengendapan, terjadi karena reaksi oksidasi (kimia).  Pada penelitian ini pelapisan elektroplating chrome dengan variasi waktu dan temperatur terhadap kekerasan, ketebalan dan struktur mikro. Nilai kekerasan tertinggi diperoleh dengan variasi waktu 60 menit dan temperatur 750 C dengan nilai 77 HRB. Hasil ketebalan tertinggi diperoleh dengan variasi waktu 60 menit dan temperatur 750 C dengan nilai 270 µm. Hasil pengamatan struktur mikro memperlihatkan fasa pearlit lebih banyak dibanding ferrite pada temperatur 750C dibandingkan 550C yang menandakan adanya penambahan nilai kekerasan pada temperatur yang lebih tinggi.

Published
2022-06-08
How to Cite
PUTRA, bayu aditya. PENGARUH VARIASI WAKTU DAN TEMPERATUR PADA PROSES ELEKTROPLATING LAPISAN CHROME TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN BAJA SS400. STATOR: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 31-35, june 2022. ISSN 2962-228X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STATOR/article/view/29842>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles