ANALISIS GAYA COUPLER TERHADAP KEMIRINGAN LINTASAN PADA SIMULASI RANGKAIAN GERBONG BARANG
Abstract
Dinamika gaya longitudinal kereta api merupakan sebuah sistem persamaan diferensial dengan mengabaikan gerakan lateral atau vertikal dari gerbong pada persamaan, pemodelan, dan simulasi longitudinal kereta api. Penelitian dilakukan pada sebelas rangkaian kereta api menggunakan perangkat lunak Universal Mechanism dengan memodelkan sebuah lokomotif tipe CC300 yang dirangkaian pada sepuluh buah gerbong barang tipe KKBW. Tujuan dari simulasi untuk mengetahui letak gaya coupler maksimum (FCoupler) yang terjadi pada perangkat koneksi rangkaian gerbong barang ketika melalui lintasan berbentuk S, radius 300m dengan kemiringan 0‰ dan 6‰. Penelitian selanjutnya perlu menganalisa simulasi dengan menggunakan model Train 3D pada posisi rangkaian kereta yang memiliki gaya coupler maksimum dengan memperhitungkan gaya vertikal dan lateral yang dialami. Pembuatan spesifikasi teknis kereta berangkaian yang didapatkan dari hasil simulasi dan pengujian lapangan dianggap perlu dalam menentukan jumlah dan panjang rangkaian kereta sesuai spesifikasi lintasan di Indonesia.