REPRESENTASI BUDAYA SUMBA MELALUI MISE EN SCENE DAN DIALOG DALAM FILM HUMBA DREAMS

  • Nabila Purbawati Universitas Jember
  • Mochamad Ilham Universitas Jember
  • Deddy Suprapto Universitas Jember

Abstract

Film merupakan permainan logika tanda (sign-logic) yang sarat dengan nilai kultural. Budaya menjadi suatu hal yang secara tidak langsung pasti ada pada setiap film. Mise en scene menjadi salah satu aspek film yang dapat menggambarkan budaya. Penelitian dilakukan guna mendeskripsikan bagaimana peran mise en scene dapat merepresentasikan budaya Sumba dalam film Humba Dreams. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan film Humba Dreams sebagai sumber data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mise en scene yang terdiri dari setting, make up dan wardrobe serta pergerakan pemain dan dialog berperan untuk menggambarkan bagaimana representasi budaya Sumba, terutama Sumba Timur direpresentasikan secara reflektif dan intensional. Hal ini memungkinkan peneliti untuk dapat lebih memahami makna budaya Sumba secara mimetic dan dapat dipahami dari motivasi pembuat film.

Author Biography

Deddy Suprapto, Universitas Jember

Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya

Published
2024-04-04
How to Cite
PURBAWATI, Nabila; ILHAM, Mochamad; SUPRAPTO, Deddy. REPRESENTASI BUDAYA SUMBA MELALUI MISE EN SCENE DAN DIALOG DALAM FILM HUMBA DREAMS. ROLLING, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 82-99, apr. 2024. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/46218>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/rolling.v7i1.46218.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.