PROBLEM FASE SIMBOLIK DALAM VIDEO KLIP KUNTO AJI REHAT

(ANALISIS SEMIOTIKA FILM CHRISTIAN METZ)

  • Syifa Jihan Salsabila Universitas Jember
  • Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn. Program Studi Televisi dan Film Universitas Jember
  • Mochammad Ilham, M.Si. Sastra Inggris Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini membahas struktur tanda dan makna kekurangan (lack) dalam video klip Rehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fase simbolik yang dianalisis menggunakan semiotika dan psikoanalisis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk membedah permasalahan dalam penelitian ini. Analisis data pada objek penelitian menggunakan teknik analisis semiotik. Teori yang digunakan dalam menganalisis adalah semiotika film oleh Christian Metz, dan psikoanalisis oleh Jacques Lacan. Hasil analisis data memberikan kesimpulan bahwa dari 4 tema dalam video klip terdapat 6 struktur tanda dalam video klip Rehat. Selanjutnya struktur tanda tersebut dikaitkan dengan makna kekurangan (lack) dalam psikoanalisis, diketahui bahwa rasa kekurangan terjadi akibat kesenjangan antara realita yang dihadapi manusia dalam fase simbolik dengan keinginan untuk menjadi utuh kembali seperti pada fase real.

Published
2023-04-19
How to Cite
SALSABILA, Syifa Jihan; ZAMRONI, Muhammad; ILHAM, Mochammad. PROBLEM FASE SIMBOLIK DALAM VIDEO KLIP KUNTO AJI REHAT. ROLLING, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 47-59, apr. 2023. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/14393>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/rolling.v6i1.14393.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.