PENGGUNAAN ASPEK-ASPEK SINEMATOGRAFI UNTUK MEMBANGUN STRUKTUR DRAMATIK PADA FILM A QUIET PLACE

  • Muhammad Arifin Universitas
  • Fajar Aji
  • Muhammad Zamroni

Abstract

Penelitian ini membahas tentang aspek-aspek sinematografi yang membangun struktur dramatik pada film A Quiet Place. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan struktur dramatik dalam film A Quiet Place yang dibangun melalui aspek sinematografi. Data penelitian dikaji dengan menggunakan teori sinematografi dan struktur dramatik. Struktur dramatik  digunakan untuk menentukan nilai dramatik, sedangkan sinematografi digunakan untuk menganalisis aspek-aspek visual yang membangun struktur dramatik dalam film A Quiet Place. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui terdapat 7 adegan yang memiliki nilai dramatik tension. Aspek-aspek sinematografi seperti framing (camera angle, ukuran gambar, pergerakan kamera), durasi gambar dan komposisi mampu membangun nilai dramatik tension, sehingga dapat membawa emosi penonton.

Published
2022-10-31
How to Cite
ARIFIN, Muhammad; AJI, Fajar; ZAMRONI, Muhammad. PENGGUNAAN ASPEK-ASPEK SINEMATOGRAFI UNTUK MEMBANGUN STRUKTUR DRAMATIK PADA FILM A QUIET PLACE. ROLLING, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 47-65, oct. 2022. ISSN 2963-0835. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ROLLING/article/view/12507>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.