EVALUASI KAPASITAS DAYA DUKUNG PERKERASAN RUNWAY BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA DENGAN PERUBAHAN JENIS PESAWAT PENERBANGAN HAJI

  • Sylvia Hasna Aurellia Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Barkah Wahyu Widianto Institut Teknologi Nasional Bandung

Abstract

ABSTRACT


In planning for the 2023 Hajj flights, the runway must be prepared to accommodate aircraft loads. This research aims to evaluate the runway pavement strength to accommodate Hajj flights with the planned B777-300ER aircraft, which previously used the B747-400ER at Juanda Surabaya Airport. The method employed in this research is the FAA AC 150/5335-5C-2014 method for PCN evaluation with the assistance of COMFAA software. Based on the analysis results of 10 segments, PCN values range from 56 to 105 F/D/X/T, with ACN 120 F/D/X/T, and CDF is ≥ 1. It can be concluded that the existing pavement needs improvement with an overlay using HMA material. Among the ten segments, HMA overlays are needed with thickness ranging from 100 mm to 331 mm when using B777-300ER. If B747-400ER is used, the HMA overlay thickness ranges from 51 mm to 259 mm. Without an HMA overlay, there is a weight limitation for the Hajj B777-300ER aircraft, which is 55% of the MTOW.


ABSTRAK


Dalam perencanaan persiapan penerbangan haji 2023, runway perlu dipersiapkan agar mampu melayani beban pesawat. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kekuatan perkerasan runway untuk dapat melayani penerbangan haji dengan pesawat rencana B777-300ER yang sebelumnya menggunakan B747-400ER pada Bandara Juanda Surabaya. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode evaluasi PCN berdasarkan FAA AC 150/5335-5C-2014 dengan software COMFAA dan FAA AC 150/5320-6G-2021 dengan software FAARFIELD. Berdasarkan hasil analisis dari 10 segmen serta berdasarkan penurunan kondisi runway, nilai PCN berkisar 56 sampai 105 F/D/X/T dengan ACN 120 F/D/X/T dan CDF adalah ≥ 1. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perkerasan eksisting perlu ditingkatkan dengan overlay menggunakan material HMA. Dari 10 segmen diperlukan overlay HMA dengan tebal mulai dari 100 mm hingga 331 mm apabila menggunakan B777-300ER. Jika tetap menggunakan B747-400ER tebal overlay HMA mulai dari 51 mm hingga 259 mm. Jika tanpa overlay HMA, terdapat pembatasan berat pesawat haji B777-300ER sebesar 55% dari berat MTOW.

Author Biographies

Sylvia Hasna Aurellia, Institut Teknologi Nasional Bandung

Program Studi Teknik Sipil
Institut Teknologi Nasional Bandung
Jl. Khp Hasan Mustopa No.23, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

Barkah Wahyu Widianto, Institut Teknologi Nasional Bandung

Program Studi Teknik Sipil
Institut Teknologi Nasional Bandung
Jl. Khp Hasan Mustopa No.23, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

Published
2024-06-30
How to Cite
AURELLIA, Sylvia Hasna; WIDIANTO, Barkah Wahyu. EVALUASI KAPASITAS DAYA DUKUNG PERKERASAN RUNWAY BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA DENGAN PERUBAHAN JENIS PESAWAT PENERBANGAN HAJI. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 367-376, june 2024. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/49581>. Date accessed: 03 july 2024.