Model Bangkitan Parkir di Kota Bandar Lampung
Abstract
According to the European Commission's degree of urbanization, Bandar Lampung is the city with the highest urbanization classification in the Province of Kota Lampung. The high level of urbanization will also increase the number of travelers, affecting the potential income from adequate parking to finance its management. The model estimates the load of vehicles from the gross floor area and the size of the parking lot. From the vehicle load data of private cars and motorcycles, the model produced is a bound variable used as a private car parking load and a free variable of the area of parking land in hectares. Parking income can be estimated by entering extensive information about the existing parking space and overtaking it with the parking rate per hour and the total duration of the operating hours of the parking lot.
ABSTRAK
Kota Bandar Lampung adalah kota dengan klasifikasi urbanisasi tertinggi di Provinsi Bandar Lampung menurut degree of urbanisation European Commission. Tingginya tingkat urbanisasi tersebut menyebabkan jumlah perjalanan yang dimiliki juga akan meningkat, hal tersebut juga berdampak terhadap potensi pendapatan dari parkir yang memadai untuk membiayai pengelolaannya. Model yang memperkirakan load kendaraan parkir selama satu jam dihasilkan dari variabel-variabel bebas luas lahan bangunan (gross floor area) dan luas lahan parkir. Dari data load kendaraan berupa mobil pribadi dan sepeda motor, model yang dihasilkan adalah variabel terikat yang digunakan adalah load parkir kendaraan mobil pribadi dan variabel bebas berupa luas lahan parkir dalam hektar. Pendapatan parkir dapat diperkirakan dengan memasukkan informasi luas lahan parkir yang ada dan mengalikannya dengan tarif parkir per jam dan total durasi jam operasional parkir.