Evaluasi Kinerja Stasiun Manggarai Sebagai Stasiun Transit
Abstract
The revitalization of Manggarai Station into a transit station creates problems in passenger accumulation at Manggarai Station. The purpose of this study is to evaluate the performance of Manggarai Station. The station performance evaluation is divided into three criteria: schedule, capacity, and station facilities. The research method is a survey distributed using questionnaires with a Likert scale. Data processing is done using statistics to get a score on each criterion. The results obtained an average value of 2.14 station capacity criteria, 2.95 schedule criteria, and 3.12 facility criteria. Capacity criteria and scheduling information get a score below 3, where this value needs to be evaluated in terms of station capacity and scheduling so that Manggarai Station can become a viable transit station.
ABSTRAK
Revitalisasi Stasiun Manggarai menjadi stasiun transit menimbulkan permasalahan berupa penumpukan penumpang pada Stasiun Manggarai, terlebih lagi pada saat jam puncak. Jam puncak tersebut terjadi pada jam berangkat kerja dan jam pulang kerja. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi kinerja Stasiun Manggarai sebagai stasiun transit. Evaluasi kinerja stasiun dibagi menjadi 3 kriteria yaitu jadwal, kapasitas, dan fasilitas stasiun. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan statistik untuk memperoleh skor pada masing masing kriteria. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kriteria kapasitas stasiun sebesar 2,14, kriteria jadwal sebesar 2,95, kriteria fasilitas sebesar 3,12. Kriteria kapasitas dan informasi penjadwalan memperoleh nilai masih di bawah 3, di mana nilai tersebut perlu dilakukan evaluasi dalam segi kapasitas stasiun dan penjadwalan sehingga Stasiun Manggarai dapat menjadi stasiun transit yang layak.