ANALISIS NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) DENGAN METODE TIME HEADWAY (STUDI KASUS JALAN IMAM BONJOL)

  • Ketut Bagus Aris Sanjaya Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Made Oka Aryawan Politeknik Negeri Bali
  • Gede Yasada Politeknik Negeri Bali

Abstract

Road performance requires the latest information about the traffic conditions and characteristics of a road. For this reason, research on the value of emp was carried out to obtain road performance results in accordance with traffic characteristics on Jalan Imam Bonjol 2/1 UD. The value of emp is calculated by the time headway method by calculating the time between vehicles passing by when crossing the headway limit. The emp value obtained is then used in calculating the performance of the road segment. From the calculation results, the left lane emp value for MC is 0.28 and HV is 1.37. And the right lane emp MC 0.34 and HV 1.29. Then do the calculation of the performance analysis of the road using the emp value from the calculation of the morning flow DS 0.49 and afternoon flow DS 0.59. The difference in the value of emp is due to changes in conditions in the field. The DS value suggested by MKJI 1997 is (DS < 0.75), indicating that the Imam Bonjol road segment is still quite feasible to serve traffic during rush hour traffic.


ABSTRAK
Kinerja jalan memerlukan informasi terbaru mengenai kondisi dan karakteristik lalu lintas suatu jalan. Untuk itu dilakukan penelitian nilai emp untuk mendapatkan hasil Kinerja jalan yang sesuai dengan karakteristik lalu lintas di jalan Imam Bonjol 2/1 UD. Nilai emp dihitung dengan metode time headway dengan perhitungan waktu antara kendaraan beriringan saat melewati batas headway. Nilai emp yang di dapat kemudian digunakan dalam perhitungan kinerja ruas jalan. Dari hasil perhitungan didapat nilai emp lajur kiri untuk MC 0,28 dan HV 1,37. Dan lajur kanan emp MC 0,34 dan HV 1,29. Kemudian dilakukan perhitungan analisis kinerja ruas jalan menggunakan nilai emp hasil perhitungan arus pagi DS 0,49 dan arus sore DS 0,59. Perbedaan nilai emp akibat perubahan kondisi di lapangan. Nilai DS yang disarankan oleh MKJI 1997 adalah (DS < 0,75), menunjukkan bahwa ruas jalan Imam Bonjol masih cukup layak melayani arus lalu lintas pada jam sibuk lalu lintas.

Author Biographies

Ketut Bagus Aris Sanjaya, Politeknik Negeri Bali

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Bali
Jalan Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

I Gede Made Oka Aryawan, Politeknik Negeri Bali

Dosen Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Bali
Jalan Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Gede Yasada, Politeknik Negeri Bali

Dosen Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Bali
Jalan Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Published
2023-12-25
How to Cite
SANJAYA, Ketut Bagus Aris; ARYAWAN, I Gede Made Oka; YASADA, Gede. ANALISIS NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) DENGAN METODE TIME HEADWAY (STUDI KASUS JALAN IMAM BONJOL). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 406-412, dec. 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/45243>. Date accessed: 20 may 2024.