EVALUASI PARAMETER KEPADATAN PERKERASAN ASPAL MENGGUNAKAN ALAT LIGHT WEIGHT DEFLECTOMETER (LWD)

  • M. Tumpu M. Tumpu Universitas Hasanuddin
  • Franky E. P. Lapian Universitas Yapis Papua
  • M. Akbar Walenna Universitas Hasanuddin

Abstract

The modulus of elasticity, deflection and field CBR are important parameters used in designing road construction. These parameters are density parameters in road pavement construction. This study aims to evaluate the density parameters of asphalt pavement using a Light Weight Deflectometer (LWD). This research was carried out in Merauke Regency, namely on the road that connects Merauke and Tanah Merah. This research begins with the collection of secondary data, namely traffic data in the form of LHR values, pavement planning data taken from consultant data and road condition data. Then, primary data was taken in the form of density parameters (deflection, deflection, field CBR and modulus of elasticity). The results showed that the types of road damage that occurred using the LWD (Light Weight Deflectometer) measurement method were the asphalt pavement and soil pavement sections in several STAs in good condition (EVD0 ≤ 250 MPa) and also in several other STAs in poor condition. good (EVD0 ≥ 250 MPa).


ABSTRAK


Modulus elastisitas, lendutan, defleksi dan CBR lapangan merupakan parameter penting yang digunakan dalam mendesain konstruksi jalan. Parameter tersebut merupakan parameter kepadatan pada konstruksi perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi parameter kepadatan perkerasan aspal yang menggunakan alat Light Weight Deflectometer (LWD). Penelitian ini di laksanakan di Kabupaten Merauke yaitu di ruas jalan yang menghubungkan Merauke dan Tanah Merah. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data-data sekunder yaitu data lalu lintas berupa nilai LHR, data perencanaan perkerasan yang diambil dari data konsultan dan data kondisi jalan. Selanjutnya dilakukan pengambilan data primer berupa parameter kepadatan (defleksi, lendutan, CBR lapangan dan modulus elastisitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kerusakan jalan yang terjadi dengan metode pengukuran menggunakan alat LWD (Light Weight Deflectometer) adalah pada ruas perkerasan aspal dan perkerasan tanah di beberapa STA dalam kondisi baik (EVD0 ≤ 250 MPa) dan juga di beberapa STA lainnya dalam kondisi yang kurang baik (EVD0 ≥ 250 MPa). 

Author Biographies

M. Tumpu M. Tumpu, Universitas Hasanuddin

Prodi S2-Manajemen Bencana
Sekolah Pascasarjana
Universitas Hasanuddin

Franky E. P. Lapian, Universitas Yapis Papua

Prodi Teknik Sipil
Fakultas Teknik
Universitas Yapis Papua

M. Akbar Walenna, Universitas Hasanuddin

Prodi S2-Teknik Perancangan Prasarana
Sekolah Pascasarjana
Universitas Hasanuddin

Published
2023-07-31
How to Cite
M. TUMPU, M. Tumpu; LAPIAN, Franky E. P.; WALENNA, M. Akbar. EVALUASI PARAMETER KEPADATAN PERKERASAN ASPAL MENGGUNAKAN ALAT LIGHT WEIGHT DEFLECTOMETER (LWD). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 332-342, july 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44919>. Date accessed: 20 may 2024.