ANALISIS SENSITIVITAS TARIF PENUMPANG ANGKUTAN LAUT TRAYEK KOTA MAKASSAR PULAU BARRANG LOMPO

  • Abd Haris Djalante Universitas Hasanudin
  • Andi Sitti Chairunnisa Universitas Hasanudin
  • Wihdat Djafar Universitas Hasanudin
  • Misliah Idrus Universitas Hasanudin
  • Welsy Kristianto Universitas Hasanudin

Abstract

Currently, 6 are ships operating on two routes connecting Makassar City with Barrang Lompo Island. Sea transportation that operates is wooden ships with a carrying capacity of 40 - 200 passengers. With varied service characteristics, the sea transportation business between Makassar welsykristianto@gmail.com City and Barrang Lompo will also vary greatly in its business feasibility. Tariff changes on both routes have undergone several changes to adjust to changes in the number of loads since the Covid-19 pandemic, then returned to normal in the post-pandemic period. Furthermore, there was another change in tariffs after the increase in fuel prices. Therefore, this study aims to analyze the sensitivity of passenger fares to changes in influencing factors, passenger load and fuel costs. This study uses the Required Freight Rate (RFR) method for tariff analysis. Meanwhile, sensitivity analysis was carried out for six scenarios of the number of ships and five scenarios of fuel costs. The results show that the RFR value is sensitive to changes in the number of passenger loads, where the RFR values of 3 ships are higher than the applicable tariff when there is a decrease in the load factor of up to 50%. While the RFR value is not sensitive to changes in fuel prices, this is indicated by changes in the RFR value which is still below the applicable tariff when there is an increase in fuel prices of up to 50%.


ABSTRAK


Saat ini terdapat 6 kapal yang beroperasi melayani dua trayek yang menghubungkan Kota Makassar dengan Pulau Barrang Lompo. Angkutan laut yang beroperasi adalah kapal kayu dengan kapasitas angkut 40 - 200 penumpang. Dengan karakteristik pelayanan yang bervariasi, maka usaha angkutan laut antar Kota Makassar dan Barrang Lompo akan sangat bervariasi pula dalam kelayakan usahanya. Perubahan tarif pada kedua trayek telah mengalami beberapa kali perubahan untuk menyesuaikan dengan perubahan jumlah muatan sejak masa pandemi Covid-19, kemudian kembali normal pada masa pasca pandemi. Selanjutnya terjadi lagi perubahan tarif setelah terjadi kenaikan harga BBM. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menganalisis sensitivitas tarif penumpang terhadap perubahan faktor-faktor yang berpengaruh, yakni jumlah muatan penumpang dan biaya bahan bakar. Penelitian menggunakan metode Required Freight Rate (RFR) untuk analisis tarif. Sedangkan analisis sensitivitas dilakukan untuk enam skenario jumlah muatan kapal dan biaya bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai RFR sensitif terhadap perubahan jumlah muatan, dimana nilai RFR dari 3 kapal lebih tinggi dari tarif yang berlaku ketika terjadi penurunan load factor muatan hingga 50%. Sedangkan nilai RFR tidak sensitive terhadap perubahan harga bahan bakar, hal ini ditunjukkan dengan perubahan nilai RFR yang masih dibawah tarif berlaku ketika terjadi kenaikan harga bahan bakar hingga 50%.

Author Biographies

Abd Haris Djalante, Universitas Hasanudin

Tek. Perkapalan/Fak.Teknik
Universitas Hasanudin
Jl. Poros Malino KM 6, Kab. Gowa, Sul-Sel

Andi Sitti Chairunnisa, Universitas Hasanudin

Tek. Perkapalan/Fak.Teknik
Universitas Hasanudin
Jl. Poros Malino KM 6, Kab. Gowa, Sul-Sel

Wihdat Djafar, Universitas Hasanudin

Tek. Perkapalan/Fak.Teknik
Universitas Hasanudin
Jl. Poros Malino KM 6, Kab. Gowa, Sul-Sel

*)Corresponding Author

Misliah Idrus, Universitas Hasanudin

Tek. Perkapalan/Fak.Teknik
Universitas Hasanudin
Jl. Poros Malino KM 6, Kab. Gowa, Sul-Sel

Welsy Kristianto, Universitas Hasanudin

Tek. Perkapalan/Fak.Teknik
Universitas Hasanudin
Jl. Poros Malino KM 6, Kab. Gowa, Sul-Sel

Published
2023-12-23
How to Cite
DJALANTE, Abd Haris et al. ANALISIS SENSITIVITAS TARIF PENUMPANG ANGKUTAN LAUT TRAYEK KOTA MAKASSAR PULAU BARRANG LOMPO. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 591-597, dec. 2023. ISSN 2356-0509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44752>. Date accessed: 29 apr. 2024.