ISTILAH-ISTILAH KOMPONEN PERAHU DAN STRUKTUR PENGURUS NELAYAN DI DESA KILENSARI KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO (KAJIAN ETIMOLOGI DAN SEMANTIK)

  • Moh Fajrik Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Jember 68121
  • Akhmad Sofyan Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Jember 68121
  • Agustina Dewi Setyari Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Jember 68121

Abstract

ABSTRAK
 
Masyarakat nelayan di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo memiliki ciri khas tersendiri dalam hal istilah-istilah kebahasaan yang unik dan menarik untuk diteliti. Salah satu istilah kebahasaan yang ditemukan oleh peneliti adalah penggunaan istilah komponen perahu dan struktur pengurus nelayan. Fokus penelitian istilah-istilah komponen perahu dan struktur pengurus nelayan terletak pada bentuk dan makna dengan perspektif kajian etimologi dan semantik. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan referensial yaitu metode yang digunakan untuk pemahaman makna istilah-istilah dan verifikasi referensi yang dirujuk. Berdasarkan analisis yang dilakukan istilah-istilah yang berupa bentuk dasar banyak ditemukan di bagian komponen perahu sedangkan bentuk turunan lebih banyak ditemukan di bagian struktur pengurus nelayan. Selain itu, istilah-istilah komponen perahu dan struktur pengurus nelayan yang ada di Desa Kilensari secara umum berasal dari bahasa Madura, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Melayu. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kehidupan masyarakat nelayan setempat masih dipengaruhi oleh bahasa asing dan bahasa serumpun meskipun latar belakang masyarakat nelayan tersebut adalah etnik Madura.
 
Kata kunci: nelayan, istilah, semantik, dan etimologi.
 

Published
2018-10-12
How to Cite
FAJRIK, Moh; SOFYAN, Akhmad; DEWI SETYARI, Agustina. ISTILAH-ISTILAH KOMPONEN PERAHU DAN STRUKTUR PENGURUS NELAYAN DI DESA KILENSARI KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO (KAJIAN ETIMOLOGI DAN SEMANTIK). Publika Budaya, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 152-158, oct. 2018. ISSN 2338-9923. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PB/article/view/8715>. Date accessed: 21 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.19184/pb.v6i2.8715.