SUBJEKTIVITAS PENYAIR GRESIK TAHUN 2000-AN STUDI PSIKOANALISIS JACQUES LACAN

  • Ekka Nur Islahiyah Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Kampus Bumi Tegal Boto, Jember 68121 Telepon 085334788259
  • Novi Anoegrajekti Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Kampus Bumi Tegal Boto, Jember 68121
  • Sunarti Mustamar Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Kampus Bumi Tegal Boto, Jember 68121

Abstract

Abstrak
 
Subjektivitas dalam psikoanalisis Lacan adalah proses pencarian, mengetahui, atau mengidentifikasi identitas diri subjek. Proses identifikasi selalu mendapat dorongan dari hasrat, dan pergerakan hasrat mendapat pengaruh dari kekuatan bawah sadar. Secara mendasar hasrat di bagi menjadi dua macam, yakni hasrat narsistik dan hasrat anaklitik. Perkembangan subjektivitas seseorang akan melewati tiga tahap (tripatrie) yakni, tahap Nyata (Real), tahap Imajiner (Imajinary), dan tahap Siombol (syimbolic). Implementasinya dalam penelitian ini adalah, bahwa Mardi Luhung, Lennon Machali dan Rikhwan Rifai merupakan penyair Gresik yang selalu kekurangan, dan mengalami keterbelahan dalam memenuhi hasrat idealnya. Perkembangan subjektivitas penyair Gresik dapat diidentifikasi melalui pergerakan hasrat narsistik dan hasrat anaklitik. Mekanisme tersebut dijelaskan dengan metode tripatrie Lacan. 
 
Kata Kunci: Psikoanalisis Jacques Lacan. Hasrat. Subjektivitas. Penyair Gresik.

Published
2018-10-10
How to Cite
NUR ISLAHIYAH, Ekka; ANOEGRAJEKTI, Novi; MUSTAMAR, Sunarti. SUBJEKTIVITAS PENYAIR GRESIK TAHUN 2000-AN STUDI PSIKOANALISIS JACQUES LACAN. Publika Budaya, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 124-131, oct. 2018. ISSN 2338-9923. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PB/article/view/8707>. Date accessed: 21 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.19184/pb.v6i2.8707.