DAMPAK SOSIAL EKONOMI PERKEBUNAN TEH WONOSARI TERHADAP MASYARAKAT DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG TAHUN 1996-2012

  • Habiba Nur Imama Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Sastra, Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember 68121 Email:
  • Parwata Parwata

Abstract

Artikel ini membahas mengenai Dampak Sosial Ekonomi Perkebunan Teh Wonosari Terhadap Masyarakat Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji perkembangan Pekebunan Teh Wonosari sebelum tahun 1996 sampai 2012 dan mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi dan melatar belakangi perkebunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiogafi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial,. Hasil dari penelitian ini adalah Perkebunan Teh Wonosari dalam perkembangannya mengalami beberapa kemajuan, diantaranya adalah perkembangan pembangunan perkebunan baik berupa renovasi maupun perbaikan mesin-mesin, perkembangan kapasitas peralatan dalam proses produksi teh juga telah menunjukkan adanya suatu peran dari para pekerja dan pemilik perusahaan dalam meningkatkan aktifitas produksi, pemasaran secara baik dan terkontrol, penambahan dan penurunan jumlah pekerja. Perkebunan Teh Wonosari dalam perkembangannya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor geografis, demografis, dan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Keberadaan Perkebunan Teh Wonosari membawa pengaruh positif bagi masyarakat dengan adanya lapangan pekerjaan dan beberapa fasilitas perkebunan masyrakat dapat menggunakan dan memenuhi kebutuhan ekonomi dalam kehidupannya sehingga kesejahteraannya meningkat.

Kata Kunci: Perkebunan, Sosial, Ekonomi, Toyomarto

How to Cite
IMAMA, Habiba Nur; PARWATA, Parwata. DAMPAK SOSIAL EKONOMI PERKEBUNAN TEH WONOSARI TERHADAP MASYARAKAT DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG TAHUN 1996-2012. Publika Budaya, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 10-18, june 2015. ISSN 2338-9923. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PB/article/view/1505>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles