Strategi Pengurangan Tingkat Pengangguran dengan Mengetahui Korelasi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Angkatan Kerja di Kabupaten Bondowoso

  • Sonia Nuri Aprilia Universitas Jember
  • Ratri Wulandari Universitas Jember
  • Nizar Qomarodin Universitas Jember

Abstract

Pertumbuhan ekonomi sering dijadikan acuan sebagai indicator keberhasilan ekonomi di suatu wilayah. Indikator tersebut salah satunya adalah terkait pengangguran. Pengangguran merupakan suatu permasalahan serius yan harus ditindaklajuti oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dan keberhasilan ekonomi daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi dan tingkat angkatan kerja terhadap tingkat pengangguran dan merumuskan strategi pengurangan tingkat pengangguran di Kabupaten Bondowoso. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi untuk megetahui hubungan antar variable yaitu variable pertumbuhan ekonomi dan tingkat angkatan kerja. Dilanjutkan dengan analytical hierarchy process (AHP) untuk mengetahui variabel yang menjadi prioritas dalam penelitian ini.  Hasil penelitian ini menunjakkan bahwa: Hasil analisis korelasi berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) dan correlation pearson diketahui bahwa antara variabel pertumbuhan ekonomi dan angkatan kerja dengan jumlah pengangguran tidak berhubungan. Namun, karena r hitung atau pearson correlations dalam analisis ini bernilai positif maka itu artinya hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif (+) atau dengan kata lain semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan angkatan kerja maka akan meningkatkan pula jumlah pengangguran. 2) Berdasarkan hasil Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui faktor prioritas yang berpengaruh signifikan terhadap jumalah pengangguran, diketahui bahwa faktor prioritas yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah pengangguran adan kualitas sumber daya manusia. 3) Berdasarkan faktor prioritas yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah pengangguran, maka dapat dilauka upaya dalam mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Bondowoso antara lain mengadakan pelatihan kerja, pengembangan dan bimbingan usaha secara mandiri, meningkatkan mutu pendidikan, dan meningkatkan hubungan antara lembaga pendidikan dan industri.

Published
2020-08-11
How to Cite
APRILIA, Sonia Nuri; WULANDARI, Ratri; QOMARODIN, Nizar. Strategi Pengurangan Tingkat Pengangguran dengan Mengetahui Korelasi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Angkatan Kerja di Kabupaten Bondowoso. MATRAPOLIS: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 46-56, aug. 2020. ISSN 2745-8520. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/MATRAPOLIS/article/view/19221>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/matrapolis.v1i1.19221.
Section
Articles