PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEMBANG DOLANAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Panji Kuncoro Hadi

Abstract

Abstrak
Dalam pembelajaran tembang dolanan terdapat pendidikan karakter, tetapi karena pada sistem pengajaran di sekolah khususnya
di sekolah dasar masih sangat minim, maka pendidikan karakter jarang disentuh. Untuk itu perlu adanya strategi yang harus
dilakukan guru supaya pendidikan karakter dapat tersampaikan dengan baik melalui materi tembang dolanan. Salah satu upaya
yang bisa dilakukan adalah dengan pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi nembang dolanan siswa kelas
IV SD di mana dalam buku ajar tersebut terdapat juga pendidikan karakter yang sesuai dengan pendekatan SAVI. Hasil analisis
menunjukkan bahwa dalam bahan ajar yang berupa buku ajar siswa berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk
siswa kelas IV SD terdapat pendidikan karakter dalam setiap langkah SAVI. Pada pembelajaran somatik, siswa diajak untuk
disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, cinta damai, demokratis, dan tanggung jawab, pada pembelajaran auditori siswa
diajak untuk mandiri, toleransi, dan menambah rasa ingin tahu, pada pembelajaran visual siswa diajak untuk senantiasa cinta
tanah air, gemar membaca, dan pedul lingkungan, dan pada pembelajarn intelektual siswa diajak untuk lebih religius dan kreatif.


 

Published
2018-04-07
How to Cite
HADI, Panji Kuncoro. PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEMBANG DOLANAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Lingua Franca, [S.l.], v. 13, n. 1, apr. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/7412>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles