TINDAK ILOKUSI PADA ACARA KOMEDI “KELAS INTERNASIONAL DI STASIUN NET.TV

  • Ely Gladisa Putri

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tindak ilokusi dalam acara komedi “Kelas Internasional”
di stasiun NET.TV. Tindak ilokusi tersebut memiliki maksud dan fungsi atau daya tuturan. Rancangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif. Data dalam penelitian ini berjumlah 49 segmen tutur dan konteks tutur yang
mengindikasikan jenis dan fungsi tindak ilokusi. Jenis tindak tutur dalam acara komedi “Kelas
Internasional” di stasiun NET.TV ada lima: tindak asertif yakni memberitahu dan menjelaskan; tindak
direktif yakni meminta, memperingatkan, melarang, memohon, dan menyarankan; tindak komisif
yakni mengancam, menawarkan, dan menjanjikan, tindak ekspresif yakni mengejek, merayu,
memuji, mencurigai, dan mengeluh; tindak deklaratif yakni memutuskan, melarang, menentukan, dan
mengijinkan. Dari kelima jenis tindak ilokusi tersebut, jenis yang paling banyak terdapat dalam acara
komedi “Kelas Internasional” di stasiun NET.TV adalah jenis tindak direktif. Fungsi tindak ilokusi
terdapat dalam acara komedi “Kelas Internasional” di stasiun NET.TV meliputi: kompetitif
menyuruh, meminta ijin, meminta bantuan, dan memohon; konvivial menawarkan, menyarankan,
kolaboratif mengumumkan, memberi informasi, dan melaporkan; konfliktif memarahi dan
mengancam. Fungsi tindak ilokusi yang paling banyak terdapat dalam acara komedi tersebut adalah
fungsi kompetitif. Beberapa saran yang dapat dipertimbangkan yakni bagi mahasiswa bahasa dan sastra
Indonesia dapat dijadikan referensi untuk penelitian, bagi guru bahasa Indonesia bisa dijadikan
referensi untuk materi pembelajaran jenis kalimat pragmatik.
Kata Kunci: tindak ilokusi, jenis ilokusi, fungsi ilokusi

Published
2018-04-07
How to Cite
PUTRI, Ely Gladisa. TINDAK ILOKUSI PADA ACARA KOMEDI “KELAS INTERNASIONAL DI STASIUN NET.TV. Lingua Franca, [S.l.], v. 13, n. 1, apr. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/7407>. Date accessed: 18 june 2019.
Section
General