Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember

  • Arida Rusmayanti

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan bagian dari kompetensi pedagogik yang dituntut untuk dilaksanakan di dalam proses
pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar dibagi menjadi delapan. Dua di antaranya adalah keterampilan bertanya dan
keterampilan memberikan penguatan. Pertanyaan yang diberikan akan mendapat respon dari siswa berupa jawaban yang
dikemukakan. Jawaban tersebut memerlukan suatu penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada siswa. Penghargaan ini
disebut penguatan. Kedua keterampilan tersebut memiliki tujuan agar siswa mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Oleh
karena itu, penelitian ini difokuskan pada kemampuan guru dalam bertanya dan memberikan penguatan untuk menampilkan
contoh atau model guru dalam memberikan pertanyaan dan penguatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan empat temuan berupa penerapan keterampilan bertanya berdasarkan aspek komponen, jenis,
prinsip, dan tujuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, penerapan keterampilan memberikan penguatan berdasarkan aspek
komponen, prinsip, cara menggunakan penguatan dan tujuan, respon siswa terhadap pemberian pertanyaan, serta respon siswa
terhadap pernyataan penguatan. Dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini mengambil data
dengan teknik observasi yang melibatkan teknik rekam dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan
keterampilan bertanya oleh guru dilakukan dengan memberdayakan berbagai macam komponen, jenis, dan prinsip, sedangkan
dalam penerapan keterampilan memberikan penguatan dilakukan dengan memberdayakan berbagai macam komponen, prinsip,
dan cara penggunaan penguatan.

Published
2018-04-07
How to Cite
RUSMAYANTI, Arida. Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, [S.l.], v. 13, n. 1, apr. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/7405>. Date accessed: 20 aug. 2019.
Section
General