ANALISIS KELAYAKAN KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN MATERI IKLAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII SMP
Abstract
Kehadiran buku teks tidak dapat dilepaskan dari kegiatan belajar dan mengajar. Buku teks digunakan sebagai panduan penyampaian materi bahan ajar. Maka dari itu, penyusunan buku teks harus disesuaikan dengan standar dan kelayakan buku. Penilaian kelayakan buku teks salah satunya dilihat dari aspek kebahasaan dan kegrafikan pada buku teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan kebahasaan dan kegrafikan buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka. Penelitian ini digunakan untuk membantu guru dalam memilih buku teks yang sesuai standar kelayakan dan memberikan sumbangsih dalam pengembangan buku teks bahasa Indonesia. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data yang digunakan adalah Buku take Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP dengan teknik pengumpulan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis kelayakan buku teks pada materi iklan telah memenuhi komponen penting yaitu, komunikatif, dialogis dan interaktif, lugas, keruntutan alur pikir, koherensi, kesesuaian dengan kaidah bahasa indonesia, serta kesesuaian ikon dan simbol. Sedangkan analisis kegtalikan buku teks telah sesuai dengan ukuran format buku, desain kulit dan isi, bentuk paragraf, serta ilustrasi. Secara keseluruhan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP pada materi iklan telah memenuhi semua penilaian kebahasaan maupun kegrafikan.