Cinta dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

  • Deni Agung Setyo Bintoro Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jember
  • Endang Sri Widayati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jember
  • Fitri Nura Murti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Sebuah novel tidak akan lepas dari eksistensi manusia. Eksistensi manusia yang dimaksud ialah eksistensi yang me garah pada permasalahan-permasalahan kehidupan manusia. Salah satu permasalahan eksistensi manusia ialah eksistensi cinta. Eksistensi cinta adalah cara manusia mengekspresikan cinta dalam kehidupan bersama dengan manusia yang lain. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah unsur intrinsik novel berupa tema dan tokoh, konsep cinta di dalam novel, eksistensi cinta di dalam novel berdasarkan bentuk-bentuk cinta, dan pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi pembelajaran di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan menggunakan pendekatan psikologi sosial serta dipadukan dengan teori cinta Erich Fromm. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk- bentuk eksistensi cinta tokoh utama dalam menjalin hubungan dengan tokoh lain di pondok pesantren. Cinta persaudaraan sebagai konsep cinta yang dikembangkan oleh pengarang dalam mengekspresikan cintanya. Eksistensi cinta tokoh ditunjukkan melalui berbagai bentuk perilaku, seperti menjenguk orang sakit, perhatian orang tua, pernikahan, mencintai diri sendiri, menjalankan perintah Tuhan, dan masih banyak lagi. Hasil penelitian dimanfaatkan oleh guru sebagai alternatif materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA semester 1 dengan KD 3.11, yaitu menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Guru diharapkan dapat menguasai materi pelajaran mengenai unsur intrinsik novel berupa tema dan tokoh, serta memahami tentang pengertian cinta dan bentuk-bentuk cinta.

Published
2022-11-30
How to Cite
BINTORO, Deni Agung Setyo; SRI WIDAYATI, Endang; NURA MURTI, Fitri. Cinta dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Lingua Skolastika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-36, nov. 2022. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LF/article/view/23361>. Date accessed: 27 jan. 2023.