PENGGUNAAN DATA AIS-IRSMS UNTUK PREDIKSI KECELAKAAN MELIBATKAN SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN DI KOTA SURABAYA

Use of AIS-IRSMS Data for Motorcycles Involving Accidents Predictions on Roads in Surabaya City

  • Muhammad Zainul Arifin University of Brawijaya
  • Imma Widyawati Agustin Universty of Brawijaya
  • Sonya Sulistyono Universty of Jember

Abstract

Accidents of involving motorcycles in Surabaya tend to increase. Recorded from 2014 to 2016 were reached 721, 929 and 1,325 accidents. This phenomenon is certainly not beneficial for the community and road transport policy makers. This study was conducted to determine the characteristics of motorcycle riders and accidents of involving motorcycles. This research further develops estimation of accident prediction involving motorcycle in Surabaya City. Accident data compiled from AIS-IRSMS to know the characteristics of users and accidents using the accidents approach. The research location was conducted in accident prone areas during January 2014 to February 2017 also using AIS-IRSMS. With the Generalized Linear Models (GLMs), the result of estimation of accident estimation involving motorcycle that is McA = 0.00225 Q1.030 e(0.034 S). Accidents of involving motorcycles are heavily influenced by the number of vehicles on the road and the speed of the vehicle.


Kecelakaan melibatkan sepeda motor di Kota Surabaya cenderung mengalami peningkatan. Tercatat tahun 2014 hingga 2016 mencapai 721, 929 dan 1.325 kejadian kecelakaan. Fenomena ini tentunya tidak menguntungkan bagi masyarakat dan pengambil kebijakan terkait transportasi jalan raya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pengendara sepeda motor terlibat kecelakaan dan kecelakaan melibatkan sepeda motor. Lebih lanjut penelitian ini melakukan pengembangan estimasi prediksi kecelakaan melibatkan sepeda motor di Kota Surabaya. Data kecelakaan dikompulir dari AIS-IRSMS untuk mengetahui karakteristik penguna dan kecelakaan menggunakan pendekatan frekwensi kejadian. Lokasi penelitian dilakukan pada daerah rawan kecelakaan sepanjang Januari 2014 hingga Februari 2017 juga menggunakan bantuan AIS-IRSMS. Menggunakan metode Generalized Linear Models (GLMs), hasil penelitian diperoleh estimasi prediksi kecelakaan melibatkan sepeda motor yaitu McA= 0,00225 Q1,030 e(0,034 S). Kecelakaan melibatkan sepeda motor sangat dipengaruhi oleh banyaknya kendaraan di jalan dan kecepatan kendaraan.

Author Biographies

Muhammad Zainul Arifin, University of Brawijaya

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
Jl. MT. Haryono No.167
Malang, Jawa Timur

Imma Widyawati Agustin, Universty of Brawijaya

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
Jl. MT. Haryono No.167
Malang, Jawa Timur

Sonya Sulistyono, Universty of Jember

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Jember
Jl. Kalimantan 37
Jember, Jawa Timur

Published
2018-04-30
How to Cite
ARIFIN, Muhammad Zainul; AGUSTIN, Imma Widyawati; SULISTYONO, Sonya. PENGGUNAAN DATA AIS-IRSMS UNTUK PREDIKSI KECELAKAAN MELIBATKAN SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN DI KOTA SURABAYA. Journal of Indonesia Road Safety, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 8-16, apr. 2018. ISSN 2654-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/KORLANTAS-JIRS/article/view/14770>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/korlantas-jirs.v1i1.14770.